INTERVENSI PENERAPAN TERAPI BERMAIN EDUKATIF ULAR TANGGA UNTUK PENURUNAN TINGKAT ANSIETAS PADA PASIEN HOSPITALISASI DENGAN DENGUE HEMORRAGIC FEVER (DHF)

Yulva Amelia Vega, Meity Mulya Susanti, Jayanti Dwi Puspitasari

Abstract


Latar Belakang: Perasaan cemas atau ansietas sendiri merupakan kondisi normal atau alami pada manusia yang mempengaruhi respons kognitif, afektif, dan perilaku seseorang, tergantung ada tidaknya bahaya.

Tujuan: Memberikan Asuhan Keperawatan Pada An.Y Dengan Fokus Intervensi Penerapan Terapi Bermain Edukatif Ular Tangga Untuk Penurunan Tingkat Ansietas Pada Pasien Hospitalisasi Dengan Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) Di Puskesmas Toroh 1 Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.

Metodologi: Jenis dan rancangan penelitian yang akan peneliti pilih dalam Karya Tulis Ilmiah ini adalah penelitian kualitatif, dengan rancangan deskriptif yang dilakukan pada kelompok terbatas (1 responden). Sedangkan pendekatan yang akan peneliti gunakan dalam Karya Tulis Ilmiah ini, dengan menggunakan pendekatan studi kasus.  

Hasil: Peneliti mengidentifikasi bahwa setelah melakukan terapi bermain edukatif ular tangga selama 3x pertemuan, maka An.Y mengalami penurunan tingkat ansietas dari ansietas sedang menjadi ansietas ringan.

Kesimpulan: Adanya pengaruh penerapan terapi bermain edukatif ular tangga untuk membantu penurunan Tingkat ansietas pada An.Y dengan masalah Dengue Hemorrhagic Fever (DHF).

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Zulkarnain. 2020. “Teori Maqasid Al-Syatibi Dan Kaitannya Dengan Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Abraham Maslow.” Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam 22(1): 52–70.

Padila, Padila et al. 2022. “Bermain Edukatif Ular Tangga Mampu Mengatasi Kecemasan Pada Anak Hospitalisasi.” Jurnal Kesmas Asclepius 4(1): 1–7.

PPNI. 2016. Standar Diagnosis Keperawtaan Indonesia: Definisi Dan Indikator Diagnostik. Edisi 1. Jakarta: DPP PPNI.

Purnama, Bayu Aji, Puji Indriyani, and Rahaju Ningtyas. 2021. “KECEMASAN SELAMA HOSPITALISASI PADA ANAK DENGAN DEMAM Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang , Sumatera Selatan , Indonesia.” 1(November): 128–36.

Rahayu. 2018. Karya Tulis Ilmiah Penerapan Penerapan Terapi Bermain Puzzle Terhadap Tingkat Kecemaan Pada Hospitalisasi Anak Usia Prasekolah Di Bangsal Dahlia RSUD Wonosari. http://poltekkesjogja.ac.id.

Saputra, Andre Utama, Yulinda Ariyani, and Putri Dewi. 2023. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Lingkungan Fisik Dan Kebiasaan Keluarga Terhadap Penyakit Demam Berdarah Dengue (Dbd).” Jurnal ‘Aisyiyah Medika 8(2): 283–92.

Saputro, Heri, and Intan Fazrin. 2017. Anak Sakit Wajib Bermain Di Rumah Sakit: Penerapan Terapi Bermain Anak Sakit.




DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v9i01.515

Article Metrics

Abstract viewed : 42 times
PDF files downloaded : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.