PENGARUH TINDAKAN SLOW STROKE BACK MASSAGE DENGAN VIRGIN COCONUT OIL TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI PADA PASIEN POST SECTIO CAESAREA DI RUANG NAKULA RS. PERMATA BUNDA PURWODADI

Suryani Suryani, Fitriani Fitriani

Abstract


Latar Belakang; Saat ini telah terjadi peningkatan pesat tindakan bedah terutama kecenderungan operasi sesar (SC). Salah satu penatalaksanaan untuk menurunkan nyeri adalah dengan menggunakan Tindakan Slow Stroke Back Massage, sebagai metode pereda nonfarmakologi untuk manajemen nyeri post sectio caesarea. Cara kerja dari Slow Stroke Back Massage (SSBM) ini menyebabkan terjadinya pelepasan endorfin, sehingga memblok transmisi stimulus nyeri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tindakan Slow Stroke Back Massage dengan Virgin Coconut Oil terhadap penurunan skala nyeri post sectio caesarea di ruang Nakula RS. Permata Bunda Purwodadi.

Metode; Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pre experimental design. Desain ini sering disebut juga dengan istilah quasi experiment. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pretest and posttest group. Teknik sampling yang digunakan adalah non random atau non probability sampling dengan metode purposive sampling, dan didapatkan 15 responden.

Hasil; Berdasarkan analisis menggunakan komputerisasi dengan uji paired t test diperoleh nilai rata-rata (mean) skala nyeri sebelum pemberian stimulus kutaneus slow-stroke back massage 9,33, sedangkan sesudah pemberian stimulus kutaneus slow-stroke back massage dengan nilai 6,00. Selain itu, dari hasil uji diperoleh nilai p=0,000 (p≤0,05) yang menunjukan adanya perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi, dengan tingkat kepercayaan 95% didapatkan nilai t=12,336 (t>2,145) yang berarti bahwa perbedaan tersebut dapat diterima dengan nilai perbedaan rata-rata (mean) sebesar 3,33.

Simpulan; Terdapat pengaruh yang signifikan tindakan Slow Stroke Back Massage dengan Virgin Coconut Oil (VCO) terhadap Penurunan Skala Nyeri Post Sectio Caesarea.

 

Kata Kunci    : Sectio caesarea, slow stroke back massage, skala nyeri


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v2i2.41

Article Metrics

Abstract viewed : 991 times
Full Text files downloaded : 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.