ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN KASUS BERAT BADAN GIZI KURANG DENGAN FOKUS INTERVENSI DALAM PEMBERIAN MODISCO DI KELURAHAN DANYANG PURWODADI

Meri Mardiana, Sulistiyarini Sulistiyarini

Abstract


Latar  Belakang; Angka kejadian kekurangan gizi di dunia masih tinggi, kejadian kekurangan gizi pada anak usia dibawah 5 tahun di dunia didapatkan lebih dari 200 juta anak (22%) terjadi kegagalan dalam tumbuh kembang. Sedangkan di Indonesia prevalensi balita yang mengalami masalah gizi 17,7%. Prevalensi masalah gizi tersebut terdiri dari gizi buruk adalah 3,9% dan gizi kurang13,8% (Lutfiasari et al., 2020). Tujuan; Memberikan Asuhan Keperawatan pada An.T dengan Berat Badan Gizi Kurang dengan Fokus Intervensi dalam Pemberian Modisco di Kelurahan Danyang Purwodadi Grobogan.

Metodologi; Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Rancangan yang digunakan dalam penelitian yaitu studi kasus. Subjek penelitian yaitu khusunya An.T yang mengalami gizi kurang.

Hasil; Peneliti mengidentifikasi bahwa setelah melakukan program pemberian susu modisco selama 1 minggu penelitian, sebanyak 3x sehari dengan 1 botol 120 ml habis maka, An.T mengalami peningkatan berat badan dari Pemeriksaan awal 7,2 kg menjadi 7,4 kg pemeriksaan akhir.

Kesimpulan; Adanya pengaruh efektivitas program pemberian modisco untuk membantu meningkatkan berat badan An.T dengan gizi kurang menjadi meningkat.

 

Kata Kunci; Berat Badan Gizi Kurang, Pemberian Modisco


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v6i2.319

Article Metrics

Abstract viewed : 515 times
Full Text files downloaded : 280 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.