GAMBARAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI HORMONAL DI DESA GADING KELURAHAN KURIPAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN

Rahmawati Rahmawati, Fitriani Fitriani

Abstract


Latar Belakang: Kontrasepsi hormonal adalah alat atau obat dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kehamilan yang mengandung preparat estrogen dan progesterone, kedua hormon tersebut bekerja sebagai penghambat pengeluaran folicel stimulating hormon dan leitenizing hormon sehingga dapat menghambat proses konsepsi. Berdasarkan jenis dan cara pemakaiannya dikenal tiga macam kontrasepsi hormonal yaitu : kontrasepsi oral atau pil, kontrasepsi suntikan, kontrasepsi Implan). Penelitian ini bertujuan untuk mencari Gambaran Dukungan Suami dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Hormonal di Desa Gading Kelurahan Kuripan  Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan.

Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, dengan menggunakan desain cross sectional. Penelitian di ikuti oleh 19 responden  yang didapat dengan cara Quota Sampling dengan teknik non-probability sampling.

Hasil: Hasil analisa dukungan sumai sangat baik sejumlah 2 orang (10,5%), baik 9 orang (47,4%), cukup baik 6 orang (31,6%), tidak baik 2 orang (10,5%).

Kesimpulan: dukungan suami dengan kontasepsi hormonal

 

Kata Kunci : Dukungan Suami, Kontrasepsi Hormonal

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v5i2.231

Article Metrics

Abstract viewed : 176 times
Full Text files downloaded : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.