STRATEGI DETEKSI DINI DAN PENERAPAN ANALISIS SPASIAL TERHADAP KEJADIAN GANGGUAN JIWA DI KABUPATEN GROBOGAN

Sutiyono Sutiyono, Christina Nur Widayati, Andri Triyono

Abstract


Latar Belakang:. Gangguan jiwa masih menjadi masalah serius di Indonesia, hal ini dikarenakan banyaknya kasus baru akibat kemajuan teknologi dan banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia. di Kabupaten Grobogan pada tahun 2015, Kasus gangguan jiwa terjadi pada 649 orang. Dari angka tersebut 300 orang dialami oleh laki - laki dan 349 orang dialami oleh perempuan (Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, 2016).

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh deteksi dini dan analisis spasial dengan kejadian gangguan jiwa di Kabupaten Grobogan dan Menerapkan strategi dalam menanggulangi kejadian gangguan jiwa di Kabupaten Grobagan.

Metode Penelitian : Metodelogi Penelitian dengan Kuantitatif Research dengan Jenis penelitian korelasi dengan pendekatan cross-sectional dan Kualitatif Research. Pengembilan sampel dengan dengan Proporsive Random Sampel. Analisa data dibagi 2 yaitu analisis bivariat menggunakan chi square, dan analisi multivariat.

Hasil Penelitian : Terdapat pengaruh Analisis Spasial Terhadap Kejadian Gangguan Jiwa P Value 0,0001.  Adanya Pengaruh  Secara Bersama Sama Antara Deteksi Dan Analisis Spasial Terhadap Kejadian Gangguan Jiwa Di Kabupaten Grobogan P Value =0,0001. Adanya sebaran lokasi sesuai dengan system analisis spasial yang ada. Lokasi paling banyak adalah daerah yang kurang produktif dan rawan bencana. Analisis yang dominan dalam analisis SWOT adalah Adanya kekuatan yang ada dalam kesehatan jiwa dari kebijakan kesehaan jiwa. Sedangkan kelemahan  dari kesehatan jiwa adalah stigma yang masih dominan pada orang- orang yang mengalami gangguan jiwa. Dari segi  peluang terdapat  kemauan dari keluarga untuk sembuh dan harapan adanya bantuan yang ada dalam pengobatan. Dari aspek ancaman yang paling dominan adalah factor kebutuhan ekonomi dan bencana.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh spasial terhadap kejadian gangguan jiwa dan adanya pengaruh yang  secara bersama sama antara deteksi dan spasial terhadap kejadian gangguan jiwa di Kabupaten Grobogan.

 

KataKunci     : Spasial, Deteksi Dini, Gangguan Jiwa

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v4i2.174

Article Metrics

Abstract viewed : 298 times
Full Text files downloaded : 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.