HUBUNGAN PIJAT BAYI DENGAN KENAIKAN BERAT BADAN BAYI DI BPS ADYA MYSHA BANJARBARU

Laily Himawati, Aminatuz Zahro

Abstract


Latar Belakang: Pijatan bayi merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk menghilangkan ketegangan dan kerewelannya. Karena pijatan lembut akan membantu mengendurkan otot-ototnya sehingga ia menjadi tenang dan tertidur (Rahayu, 2005). Proses kelahiran menjadi pengalaman traumatik bagi bayi karena harus meninggalkan kandungan yang aman dan nyaman, dan dengan keterbatasan ruang gerak menuju ke suatu dunia dengan kebebasan bergerak tanpa batas.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen. Rancangan atau desain penelitiannya adalah Intact-Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah semua bayi umur 0-3 bulan di BPS Adya Miysha Banjarbaru yang berjumlah 30 bayi. Sampel penelitian ini adalah semua bayi umur 0-3 bulan di BPS Adya Mysha Banjarbaru yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Alat yang digunakan untuk menentukan berat badan bayi adalah timbangan bayi tidur (baby scale), kartu kontrol diisi oleh ibu setiap selesai pemijatan. Bahan dan alat untuk memijat : minyak/baby oil, handuk, popok dan baju ganti. Analisis Data menggunakan pengujian statistik dengan  t-test.

Hasil Penelitian: Hasil uji  diperoleh t hitung 6,221, (p=0,000), t tabel 1,753 dengan signifikansi 5%. Karena t  hitung lebih besar dari t tabel   (6,221 >1,753) dan p < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh pijat bayi terhadap kenaikan berat badan bayi di BPS Adya Mysha Banjarbaru

Kesimpulan: Terdapat pengaruh pijat bayi terhadap kenaikan berat badan bayi di BPS Adya Mysha Banjarbaru

           

Kata Kunci : Pijat bayi, kenaikan berat badan, bayi


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v3i1.62

Article Metrics

Abstract viewed : 307 times
Full Text files downloaded : 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.