HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU MENYUSUI TENTANG ASI EKSKLUSIF DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI DI DESA CEBOK KECAMATAN PURWODADI

Yuwanti Yuwanti, Nurya Kumalasari, Meity Mulya Susanti

Abstract


Latar Belakang: ASI (Air Susu Ibu) merupakan makanan terbaik bagi bayi, dikarenakan nilai gizi yang ada di dalam ASI mampu mencukupi kebutuhan nutrisi bagi bayi, karen itu program pemberian ASI Ekslusif bagi bayi terus dikumandangkan. Pada kenyataannya program pemberian ASI Ekslusif belum menyasar pada seluruh lapisan masyarakat sehingga banyak ibu yang tidak memberikan ASI secara ekslusif bagi bayi. Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pemberian ASI Ekslusif dikarenakan masih adanya masyarakat yang belum memiliki pengetahuan tentang ASI Ekslusif.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Variable bebas ( independent) dalam penelitian yaitu pengetahuan ibu tentang ASI Ekslusif, sedangkan variabel terikat (dependent) yaitu pemberian ASI pada bayi.  Analisis data menggunakan Chi-Square.

Hasil: Berdasarkan analisis data dari 40 responden diketahui bahwa pengetahuan ibu  tentang ASI Ekslusif dengan kriteria Baik sejumalah 60 %, sedang 32, 5 %, dan kurang ditemukan 7,5 %. Analisi univariat diketahui terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan ibu dengan status imunisasi pada bayi dengan nilai nilai p = 0,046 (p< 0,05).  

Kesimpulan: Ada hubungan antara pengetahuan ibu menyusi dengan pemberian ASI Ekslusif pada bayi.

 

Kata Kunci    :  Pengetahuan, ASI, Bayi


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v2i1.43

Article Metrics

Abstract viewed : 208 times
Full Text files downloaded : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.