PENERAPAN METODE JIGSAW II DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA KELAS XI SMA DI GROBOGAN

Nurya Kumala Sari, Nurul Khodiyah, Sri Untari

Abstract


Latar Belakang : Strategi khusus diperlukan untuk meningkatkan motivasi, pengetahuan dan persepsi perilaku pada sasaran pendidikan kesehatan terhadap pembelajaran. Cooperatif learning merupakan suatu model pembelajaran dalam kelompok-kelompok kecil yang memiliki ketrampilan berbeda. Setiap anggota saling bekerjasama dan membantu dalam menyelesaikan tugas kelompok agar memahami suatu bahan pembelajaran (Aris, 2014). Dalam penelitian ini diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan tipe jigsaw II yang bertujuan agar tercipta suasana belajar yang mengharuskan peserta untuk aktif dalam kelompok dan merangsang suasana belajar yang aktif sehingga para peserta merasa tertarik dalam mengikuti pendidkan kesehatan. Tujuan penelitian : Menganalisis pengaruh metode jigsaw II dalam pendidikan kesehatan reproduksi terhadap pengetahuan pengetahuan siswa kelas XI SMA Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan quasi-experimental one group pretest-posttest design. Bentuk desain yang digunakan yaitu time series design. Jumlah sampel sebanyak 85 responden. Hasil : Terdapat pengaruh penerapan metode jigsaw II terhadap tingkat pengetahuan dengan nilai p-value 0,000; setelah pendidikan kesehatan Kesimpulan : metode jigsaw II mampu memberikan peningkatan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan terasa lebih menyenangkan.

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscbid.v7i2.372

Article Metrics

Abstract viewed : 123 times
Full Text files downloaded : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.