ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PERAWAT DI RSUD DR. RADEN SOEDJATI PURWODADI

Suciati Suciati, Sutiyono Sutiyono

Abstract


Latar belakang, Dalam era globalisasi keberadaan rumah sakit sebagai suatu sarana kesehatan sangat dirasakan peranannya dalam memberikan pelayanan kesehatan rumah sakit. Pilar utama dalam penyelenggaraan rumah sakit tidak dapat melepaskan peran dan keberadaan tenaga fungsional yaitu perawat. Untuk memberikan pelayanan yang baik diperlukan kinerja yang baik oleh perawat dalam melakukan asuhan keperawatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan, pengalaman kerja dan pelatihan terhadap kinerja perawat  di RSUD dr. Raden Soedjati Soemodiardjo Purwodadi,.

Metode; Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif korelasi dengan pendekatan yang bersifat Cross Sectional, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 36 perawat. Analisa data yang dilakukan dengan menggunakan uji korelasi lambda dengan tingkat kemaknaan 0,05.

Hasil; Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perawat dengan tingkat pendidikan D3 Keperawatan sebanyak 20 responden (55,5%), 2) perawat dengan masa kerja lebih dari 5 tahun sebanyak 28 responden (77,8%).3) Ada hubungan antara tingkat pendidikan, pengalaman kerja dan pelatihan terhadap kinerja pada perawat di RSUD dr. Raden Soedjati Purwodadi dengan nilai symetric lambda (0,543) (0,630) dan (0,443), sig (0,003), (0,030), (0,004) < α (0,05).

Simpulan; hal ini membuktikan bahwa ada hubungan antara tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dan Pelatihan Terhadap Kinerja Perawat di RSUD Dr Raden Soedjati Purwodadi.

           

Kata kunci     : Tingkat pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan,kinerja perawat.

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v2i1.88

Article Metrics

Abstract viewed : 255 times
Full Text files downloaded : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.