HUBUNGAN POLA MAKAN DAN AKTIFITAS FISIK DENGAN KEJADIAN OBESITAS DI SMPN 30 PADANG TAHUN 2018

Yuanita Ananda

Abstract


Latar belakang; Menurut World Health Orgaization (WHO) tahun 2014 sekitar 3,4 juta orang dewasa meninggal setiap tahun sebagai akibat dari kelebihan berat badan atau obesitas. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia tahun 2013, angka overweight dan obesitas pada penduduk usia di atas 18 tahun tercatat sebanyak 27,1%. Data Puskesmas Andalas menyatakan siswa yang mengalami obesitas yang terbanyak di SMPN 30 Padang yaitu 32 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola makan dan aktifitas fisik dengan kejadian obesitas di SMPN 30 Padang tahun 2018

Metode; Jenis penelitian analitik dengan pendekatan retrospektif desain case control. Populasi pada penelitian ini adalah siswa yang mengalami obesitas sebanyak 44 orang. Teknik pengambilan sampel total sampling. Pengambilan sampel kasus dan kontrol menggunakan 1 : 1 dengan maching jenis kelamin. Data dianalisis secara univariat menggunakan tabel distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan uji statistik Chi-Square dengan tingkat kemaknaan 95% α = 0,05.

Hasil; Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 50,0% mengalami obesitas, 47,7% memiliki pola makan kurang baik, 45,6% tidak melakukan aktifitas fisik. Terdapat hubungan pola makan dengan kejadian obesitas di SMPN 30 Padang (pvalue = 0,016). Terdapat hubungan aktifitas fisik dengan kejadian obesitas di SMPN 30 Padang (pvalue =0,034).

Kesimpulan; Diharapkan Kepala Sekolah dan guru-guru agar dapat lebih menjelaskan pada siswa tentang pola makan yang baik dan memberi informasi pada siswa untuk melakukan olah raga setiap hari > 30 menit dan menganjurkan untuk melakukan aktifitas fisik seperti mengadakan senam setiap pagi hari.

 

Kata kunci; Diat, Aktifivitas Fisik, Obesitas


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v3i1.78

Article Metrics

Abstract viewed : 559 times
Full Text files downloaded : 382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.