HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP INTERNE RSUD DR. RASIDIN PADANG TAHUN 2017
Abstract
Latar belakang; Berdasarkan nilai Bor di Ruang Rawat Inap Interne pada tahun 2013 29,42%, tahun 2014 21,32%, dan tahun 2015 22,80% Data tersebut menggambarkan bahwa presentase BOR di Ruang Rawat Inap Interne RSUD Dr. Rasidin Padang menurun dari tahun ke tahun. Laporan tahunan di Ruang Rawat Inap Interne RSUD Dr. Rasidin Padang terjadi penurunan jumlah pasien tahun 2013 sebanyak 1258 (12,58%), dan pada tahun 2014 menjadi 1015 (10,15%), pada tahun 2015 sebanyak 1297 (12,97%).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan terhadap tingkat kepuasaan pasien di Ruang Rawat Inap Interne RSUD Dr. Rasidin Padang Tahun 2017.
Metode; Jenis penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Penelitian dilaksanakan di Ruang Rawat Inap Interne RSUD Dr. Rasidin Padang. Populasi pada penelitian ini seluruh pasien yang dirawat di ruang Rawat Inap Interne RSUD Dr. Rasidin Padang sampel dua bulan terakhir sebanyak 170 orang. Sampel diambil secara purposive Sampling sebanyak 63 sampel. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square dengan derajat kepercayaan 95%.
Hasil ; Hasil penelitian didapatkan bahwa lebih dari separoh (65,1%) pasien menyatakan tidak puas terhadap mutu pelayanan keperawatan, dan lebih dari separoh (69,8%) pasien menyatakan mutu pelayanan keperawatan tidak bermutu di Ruang Rawat Inap Interne Dr. Rasidin Padang Tahun 2017. Dari hasil uji bivariat didapatkan hasil yaitu dengan nilai p value sebesar 0,000 jadi terdapat hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan keperawatan terhadap tingkat kepuasan di Ruang Rawat Inap Interne RSUD DR. Rasidin Padang Tahun 2017.
Kesimpulan; Dapat disimpulkan ada hubungan mutu pelayanan keperawatan terhadap tingkat kepuasaan pasien di Ruang Rawat Inap Interne RSUD Dr. Rasidin Padang Tahun 2016. Diharapkan kepada pimpinan RSUD Dr. Rasidin Padang untuk Melakukan survei kepuasan pasien secara berkala dan berkesinambungan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan kesehatan dan mutu pelayanan keperawatan di Ruang Rawat Inap Interne RSUD Dr. Rasidin Padang
Â
Kata kunci : Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien
Full Text:
Full TextDOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v2i1.76
Article Metrics
Abstract viewed : 175 timesFull Text files downloaded : 18 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.