FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN DIABETES MELLITUS DI PUSKESMAS LUBUK BUAYA PADANG TAHUN 2016

Melti Suriya

Abstract


Latar belakang; Kualitas hidup pasien Diabetes Mellitus sebagian besar pasien mengatakan kualitas hidupnya memburuk diakibatkan karena ketidakpatuhan melaksanakan diet Diabetes Mellitus tidak teratur. Berdasarkan data kunjungan per tahun yang terus meningkat dari 2014 sebanyak 327 dan 2015 sebanyak 422 pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup pasien Diabetes Mellitus di Puskesmas Lubuk Buaya Padang

Metode; Jenis penelitian yang digunakan deskriptif analitik dengan desain cross sectional yang telah dilaksanakan di Puskesmas Lubuk Buaya Padang pada Tanggal 21 - 30 juli 2016. Populasi semua penderita Diabetes Mellitus yang kontrol ulang. Teknik pengambilan sampel secara Random Sampling Dengan jumlah sampel 86 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisa mengunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-square nilai p ≤ 0,05.

Hasil; asil penelitian didapatkan 59,3% diet kurang baik. 67,4% keselamatan dan rasa aman kurang baik. 66,3% dukungan keluarga kurang baik. 61,6% kualitas hidup kurang baik. Ada hubungan yang bermakna antara Diet (p=0,005), keselamatan rasa aman (p=0,024), dan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien Diabetes Mellitus (p=0,003).

Kesimpulan; Dapat disimpulkan bahwa hubungan yang bermakna antara Diet, keselamatan rasa aman, dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien Diabetes Mellitus, disarankan melalui pimpinan Puskesmas Lubuk Buaya Padang untuk menyarankan ke parawat agar memberikan pelayanan yang optimal bagi keperawatan pasien. Meningkatkan program-program dalam hal penyuluhan melalui laefleat atau seminar agar pasien lebih mengenal tentang diet diabetes mellitus.

 

Kata kunci :  Diet, Keselamatan dan Rasa Aman, Dukungan Keluarga, dan Kualitas Hidup


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v1i2.74

Article Metrics

Abstract viewed : 163 times
Full Text files downloaded : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.