HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI DENGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM TERAPI PERILAKU PADA ANAK AUTIS DI SLB YPPA PADANG TAHUN 2016

Yuanita Ananda

Abstract


Latarbelakang; Penyandang autisme meningkat drastis pada tahun 2000 yaitu sekitar 60 per 10.000 kelahiran didunia. SLB Autis YPPA Padang merupakan sekolah autis yang memiliki penyandang autis terbanyak di Kota Padang yaitu sebanyak 61 orang. Berdasarkan data yang di dapat dari beberapa SLB terdapat keterlibatan orang tua dalam terapi perilaku pada anak autis di masing-masing SLB yaitu yang pertama di SLB Bima sebanyak 80%, selanjutnya di SLB Mitra Ananda sebanyak 60%, dan yang terendah di SLB YPPA sebanyak 50%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan motivasi dengan keterlibatan orang tua dalam terapi perilaku pada anak autis.

Metode; Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan di SLB Autis YPPA Padang tahun 2016. Populasi sebanyak 61 orang dan sampel  61 orang diambil secara total sampling.                

Hasil; Hasil penelitian didapatkan 8 responden (13,1%) pengetahuan rendah, 22 responden (36,1%) motivasi  rendah, 18 responden (29,5%)  orang tua terlibat dalam pemberian terapi perilaku. Terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan (pvalue=0,006), dan motivasi (pvalue=0,003) dengan keterlibatan orang tua dalam terapi perilaku pada anak autis di SLB YPPA Padang Tahun 2016.

Kesimpulan; Disarankan melalui pimpinan yayasan agar dapat bekerja sama dengan terapis meningkatkan pengetahuan dan motivasi orang tua dalam keterlibatan memberikan terapi perilaku pada anak autis dengan cara memberikan informasi kesehatan kepada seluruh orang tua dengan  program edukasi dan konseling serta memberikan informasi tertulis maupun tidak tertulis kepada orang tua untuk dapat mengatasi perilaku anak autis.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Motivasi, Keterlibatan Orang Tua Dalam Terapi Perilaku Pada Anak Autis


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v1i1.73

Article Metrics

Abstract viewed : 141 times
Full Text files downloaded : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.