EFEKTIFITAS KOMPRES AIR HANGAT TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA PASIEN ASAM URAT DI PUSKESMAS LUBUK BEGALUNG TAHUN 2016

Melti Suriya

Abstract


Latar belakang; Artritis gout merupakan salah satu penyakit inflamasi sendi yang paling sering ditemukan, yang ditandai dengan penumpukan kristal monosodium urat di dalam ataupun di sekitar persendian sehingga menimbulkan nyeri. Efek panas dari kompres hangat dan kompres jahe akan menyebabkan terjadinya vasodilatasi pembuluh darah dan akan meningkatkan aliran darah ke tubuh yang mengalami nyeri sehingga terjadi penurunan nyeri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kompres air hangat terhadap penurunan skala nyeri pada pasien asam urat di Puskesmas Lubuk Begalung Tahun 2016.

Metode; Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experiment dengan rancangan Pretest-Posttestdengan menggunakan uji T-test dependent. Teknik pengambilan sampelmenggunakan Accidental sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak24orang dengan 12 kelompok kompres air hangat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari s/d Agustus 2016, pengumpulan data dilakukan pada tanggal13 s/d 30 Juni 2016 di Puskesmas Lubuk Begalung Padang.

Hasil; Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan efektifitas kompres air hangat terhadap penurunan skala nyeri padapasien asam urat, dimana untuk kompres air hangat dengan p value= 0.002 penurunan rerata skala nyeri sebesar 1,167.

Kesimpulan; Disimpulkan bahwa kompres air hangat berpengaruh dalam penurunan nyeri asam urat. Harapankepadapenderita asam urat di Puskesmas Lubuk Begalung agar dan mengaplikasikan kompres air hangat sebagai obat nonfarmakologi yang mampu menurunkan skala nyeri.

 

Kata Kunci: Skala Nyeri, Asam Urat, Kompres Air Hangat, Kompres Jahe


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v1i1.72

Article Metrics

Abstract viewed : 861 times
Full Text files downloaded : 734 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.