HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 6-8 TAHUN DI SDN 8 BOLIYOHUTO
Abstract
Latar belakang: Penggunaan gadget pada anak dapat memberikan dampak positif maupun negatif, namun kecanduan gadget rata – rata memberikan dampak negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak khususnya perkembangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kemampuan Kognitif Anak di SDN 8 Boliyohuto
Metode: menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan jenis penelitian cross sectional. Sampel dipilih melalui metode total sampling. Jumlah sampel sebanyak 36 responden yang merupakan anak yang berusia 6 - 8 Tahun di SDN 8 Boliyohuto. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dan analisa data menggunakan uji chi square (x2)dengan kemaknaan (< 0.05).
Hasil: menunjukkan mayoritas penggunaan gadget pada anak adalah sedang sejumlah 15 orang (41.7%) dengan rata – rata perkembangan kognitif anak adalah cukup sejumlah 18 orang (50%), Nilai statistik didapatkan Asymp. sig (2 tailed) p value sebesar 0.023 < 0.05 yang berarti terdapat Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kemampuan Kognitif Anak Usia 6-8 Tahun di SDN 8 Boliyohuto.dibuktikan dengan p.value 0.023 ? 0.05.
Kesimpulan: Semakin tinggi penggunaan gadget anak maka semakin rendah kemampuan kognitifnya, sebaliknya jika penggunaan gadget rendah maka perkembangan kognitif dapat optimal sesuai dengan tahapan usianya
Kata kunci : Penggunaan Gadget, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Sekolah
Full Text:
PDFReferences
Akay, T., Kabo, D., Rafra, G., Fakultas, D., Universitas, K., Indonesia, S., Universitas, D., Negeri, P., Jurusan, M., Sipil, T., Fakultas, M., Universitas, K., & Indonesia, S. (2023). HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI. 3(November).
Alwie, rahayu deny danar dan alvi furwanti, Prasetio, A. B., Andespa, R., Lhokseumawe, P. N., & Pengantar, K. (2020). Tugas Akhir Tugas Akhir. Jurnal Ekonomi Volume 18, Nomor 1 Maret201, 2(1), 41–49.
Bangsawan, I., Ridwan, R., & Fauziyah, N. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 31–39. Https://Doi.Org/10.23960/Jpa.V8n1.24067
Budhiana, J. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Penyandang Disabilitas Di SLBN Surade Kabupaten Sukabumi. Jurnal Kesehatan, 10(2), 44–52. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v11i1.421
Budiman, L. A., & Wahyuningsih, A. S. (2023). Indonesian Journal of Public Health and Nutrition Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Tidak Aman Pada Pekerja di PT X. Ijphn, 3(3), 357–366. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/IJPHN
Citra, B. F., Laelia, N., & Moh, T. (2023). Analisis Masalah Perkembangan Kognitif Murid Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 07(1), 53–60.
Fatimah, E. R. (2021). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali ). Jurnal Alayya, 1(1), 1–31.
Fitriyani, F., Oktaviani, A. M., & Supena, A. (2023). Analisis Kemampuan Kognitif dan Perilaku Sosial pada Anak ADHD (Attention-Deficit Hyperactivity Disorder). Jurnal Basicedu, 7(1), 250–259. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4331
Gobel, I. A., Febriyona, R., & Sudirman, A. N. A. (2022). Pengaruh Promosi Kesehatan Menggunakan Media. Alat Ular Tangga Terhadap Dampak Negatif Gadget.
Gultom, N. Y. (2018). Minat Menulis di Media Online pada Mahasiswa Jurnalistik Angkatan 2014 UIN Suska Riau. h.8-23.
Herawati Yanti, H. U. D. &. (2022). Evaluasi Program Deteksi Dini Tumbuh Kembang Pada Balita Di Puskesmas Kota Gunungsitoli Tahun 2022. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/537
Heryanto, M. L., Saprudin, A., Yanti, S. D., & Moonti, M. A. (2023). Lama Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Pada Anak Prasekolah. Journal of Midwifery Care, 3(02), 136–144. https://doi.org/10.34305/jmc.v3i02.740
Hubulo, F., Febriyona, R., & Modjo, D. (2023). Pengaruh Bahaya Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Siswa Di SDN 12 Bongomeme. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi, 1(2), 1–9.
Ismail, I. (2019). Perkembangan Kognitif Pada Masa Pertengahan Dan Akhir Anak-Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.47435/jpdk.v4i1.90
Marini, L., Hendriani, W., & Wulandari, P. Y. (2024). Gambaran Problematic Smartphone Use Pada Remaja. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 5(1), 43. https://doi.org/10.24014/pib.v5i1.26477
Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533
Mujayanah, T., & Fadilah, I. (2019). Analisis Karakter Tanggung Jawab Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 21 Kota Jambi. Jpk, 5(2), 133–136. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Ndraha, G., Daeli, D. O., & Telaumbanua, M. K. (2022). Strategi Mendidik Anak di Era Digital. HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.36588/hjim.v2i1.160
Nurfauziah, A. (2021). SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Meraih Gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar Oleh : NURFAUZIAH AULYAH JURUSANKESEHATAN MASYARAKAT.
Nurrahmah, N., Sukamti, N., & Fajariyah, N. (2024). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Pada Remaja di Pasar Minggu Jakarta Selatan. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 4(2), 623–636. https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i2.13690
Prasodjo, D. A. (2022). Perkembangan Sosial Anak Usia Pra Sekolah ( 4 – 6 Tahun ) Di Rabakti Islam Telang Program Studi Keperawatan Perkembangan Sosial Anak Usia Pra.
Putra, F. M. (2024). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Anak Smp Harapan 3 Deli Serdang.
Rahayu, N. K. S., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2023). Studi Literatur Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 344–349. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.822
Ramadhan Almadani, & , Dede Indra Setiabudi. (2022). Pengembangan Kognitif Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Literatur Harian. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i1.72
Ramadhina, A. (2024). Karakteristik Perkembangan Kognitif Pada Anak. 1(4), 177–184.
Rangkuti, M. A. (2022). Hubungan Penggunaan Gawai Dengan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-6 Tahun Di Ra-Al Khairat Kotanopan. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 7(2), 108–114. https://doi.org/10.51933/health.v7i2.883
Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100.
Shofia, S. zahra rizqia, Faiza, F. luthfillah, & Tiara, T. alyani purnama. (2022). Pengaruh Parenting Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pena Paud, 3(2), 70–81. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.25588
Sinta Zakiyah, Nurul Hidayah Hasibuan, Aufa Yasifa, Suhaila Putri Siregar, & Olivia Wahyu Ningsih. (2024). Perkembangan Anak pada Masa Sekolah Dasar. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 71–79. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2338
Sofiana, S. N. A., Fakhriyah, F. F., & Oktavianti, I. oktavianti. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 53–59. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414
Sumiyati, S., & Ulwiyah, A. (2023). Penerapan Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di RA Tarbiyatul Islam Ngagel. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 55–72. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/7934
Utami, A. (2021). Analisa Univariat dan Analisa Bivariat. NBER Working Papers, 2, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v10i02.698
Article Metrics
Abstract viewed : 14 timesPDF files downloaded : 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
