PENGARUH METODE ROLE PLAY TERHADAP PENGETAHUAN PERTOLONGAN PERTAMA LUKA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SDN 7 TABONGO
Abstract
Latar belakang: Pemberian pendidikan dan pelatihan pertolongan pertama pada anak akan memberikan manfaat berupa kesehatan dan pengetahuan serta tanggung jawab sosial, untuk saling membantu dan tolong menolong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Metode Role Play terhadap Pengetahuan Pertolongan Pertama Luka pada Anak Usia Sekolah Dasar.
Metode: Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan one grup pretest – posttest design. Sampel di ambil menggunakan tehnik total sampling dengan jumlah sampel 28 responden yang merupakan siswa kelas 6 di SDN 7 Tabongo.
Hasil: Hasil penelitian menunjukan adanya nilai rata – rata pengetahuan sebelum 1,32 dan pengetahuan setelah 2,71 terjadi peningkatan 1,39. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh metode role play terhadap pengetahuan pertolongan pertama luka pada anak usia sekolah dasar di SDN 7 Tabongo.
Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh metode role play terhadap pengetahuan pertolongan pertama luka pada anak usia sekolah dasar di SDN 7 Tabongo.
Kata kunci : Metode Role Play, Pengetahuan, Pertolongan Pertama Luka.Full Text:
PDFReferences
Adi Suputra, P., Luh Kadek Alit Arsani, N., & Made Sri Dewi Lestari, N. (2019). Pendampingan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Pada Siswa Sma Wisata Darma Di Desa Lembongan. Jurnal Widya Laksana, 8(1), 91–95.
Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.
Alfiani, D. A. (2020). Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Play Group. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.174
Candry, N., Herlina, & Yufitriana Amir. (2023). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Risiko Cedera dan Pengalaman Cedera pada Anak Usia Sekolah. Health Care: Jurnal Kesehatan, 12(1), 144–150.
Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan ; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 97.
Firdaus, N. Z., Alda, A. A., & Gunawan, I. S. (2020). Potensi Kandungan Biji Anggur dalam Mempercepat Penyembuhan Luka. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 2(2), 139–146. https://doi.org/10.37287/jppp.v2i2.85
Hardyanto, J., & Nirmalasari, N. (2020). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Penanganan Pertama Cedera Olahraga Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (Ukm) Olahraga Di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 6(1). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v6i1.195
Hendrawan, A. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tenaga Kerja Pt’X’ Tentang Undang-Undang Dan Peraturan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Jurnal Delima Harapan, 6(2), 69–81. https://doi.org/10.31935/delima.v6i2.76
Irfan Syahroni, M. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. EJurnal Al Musthafa, 2(3), 43–56. https://doi.org/10.62552/ejam.v2i3.50
Jacqueline P. Toemandoek, Wagey, F., & Loho, M. (2019). PENGETAHUAN DAN SIKAP BIDAN MENGENAI PENGGUNAAN PARTOGRAF DALAM PERSALINAN DI PUSKESMAS PONED KOTA MANADO. 3.
Lestari, P. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran ( Role Playing ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Journal Ilmiah Rinjani, 7(2), 98.
Mustapa, P., Pipin Yunus, & Susanti Monoarfa. (2023). Penerapan Perawatan Endotracheal Tube Pada Pasien Dengan Penurunan Kesadaran Di Ruang Icu Rsud Prof. Dr Aloei Saboe Kota Gorontalo. Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 11(02), 105–113
Mutmainah, A., Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, J. (2018). Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Sd Negeri I Ngerangan Role Play Technique To Improve Learning Result of Social Studies. Metode Role Playing (Anisa Mutmainah), 1, 419.
Nursalam. (2018). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (P. Lestari (Ed.); 4th Ed.). Salemba Medika. International Journal of Caring Sciences, 11(2), 914
Nuryati, Mutmainah, H. (2021). METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN ROLE PLAYING METHOD IN INCREASING ACHIEVEMENT MOTIVATION OF EARLY CHILDREN DURING LEARNING Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Anak Usia Dini Selama Masa Learning From Home Pendahuluan Sejak adanya v. 6(2), 139– 148
Parmita, N. P. D. (2019). Perbedaan tingkat pengetahuan anak sd setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang pencegahan infeksi cacingan dengan cuci tangan melalui metode video animasi dan demonstrasi di sd negeri 7 peguyangan kangin
Petrus, A. (2021). Aspek Medikolegal Korban Luka Akibat Trauma Tumpul. Anatomica Medical Journal | Amj, 4(1), 34
Putri, F. M. T., & Puspitasari, B. A. (2022). UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN SURUHAN (PEPEROMIA PELLUCIDA [L.] KUNTH) SEBAGAI PENYEMBUHAN LUKA BAKAR. Jurnal Inkofar, 6(1).
Rofiq, A., & Mashuri, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bustanul Makmur Genteng. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1– 11
Rosuliana, N. E., Februanti, S., Mariani, D., & Cahyati, A. (2023). Optimalisasi Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Anak Sekolah Dasar Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Berbasis Media Audiovisual. Abdimas Galuh, 5(1), 585. https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.9933
Saputra, W., Krisnana, I., Kurnia, iqlima dwi, & Kusumuanigrum, T. (2019). Metode Role play Meningkatkan Pengetahuan dan Tindakan Pertolongan. Pediamoternal Nursing Journal, 5(1).
Siane, M., & Erna, O. (2023). Olahraga bagi siswa dan guru sekolah dasar di Sd Ypk Sion Padang bulan Kota Jayapura. Olahraga Bagi Siswa Dan Guru Sekolah Dasar Di Sd Ypk Sion Padang Bulan Kota Jayapura, 4(4).
Studi, P., Dan, S., Ners, P., Kedokteranluniversitas, F., & Pertama, P. (1980). Ni Made Krisna Dewi Widya Permata Adi , 2 I Kadek Saputra , 3 Ni Luh Putu Eva PENDAHULUAN Anak merupakan generasi penerus bangsa yang membutuhkan perhatian pada setiap tahap pertumbuhan dan perkembangannya . Periode toddler ( 1-3 tahun ) merupakan salah s. 9, 297– 304.
Wijaya, I. M. K., Wahyuni, P. D. S., Setiawan, K. H., & Widiastuti, M. K. (2018). Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Cedera Olahraga Bagi Siswa Dan Guru Sekolah Dasar Kecamatan Negara. Jurnal Fakultas Kedokteran Undiksha, 1– 7.
Wirachman, R., & Ike Kurniawati. (2023). Studi Deskriptif Model Pembelajaran Role Playing Berlandaskan Teori Social Learning Berbasis Pedagogik Kreatif. Inventa, 7(1), 37–49. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a6996
Yanti Wulandari1, H. J. P. (2023). Edukasi Pertolongan Pertama Pada Luka Di Lingkungan Panti Asuhan Raudatul Aitam Kelurahan Tanjung Raya Kedamaian Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bunda Delima, 5(2), 1–7.
DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v10i02.677
Article Metrics
Abstract viewed : 15 timesPDF files downloaded : 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
