ANIMATION DEVELOPMENT MODEL FOR GENERATION Z TEENS BASED ON “LAPA” ANIMATION TO OPTIMIZE TEENS’ COMPETENCE REGARDING REPRODUCTIVE HEALTH

Festy mahanani, Yesita Ragil Kusumaningrum

Abstract


Latar Belakang: Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada tahun 2030 mentargetkan warga negara berhak memperoleh akses universal pelayanan kesehatan reproduksi. Revolusi Industri 5.0 memerlukan sumber daya manusia unggul mampu berpikir kritis dalam pemecahan masalah, kolaborasi dan kepemimpinan yang adaptif. Untuk mencapai kemampuan tersebut maka proses pembelajaran diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, memotivasi warga belajar. Penelitian bertujuan untuk 1). Melakukan eksplorasi kompetensi remaja Gen-Z mengenai kesehatan reproduksi, 2) Mendesain model pemberdayaan remaja Gen-Z berbasis meaningful learning untuk optimalisasi kompetensi remaja mengenai kesehatan reproduksi, 3) Menganalisis implementasi model konseptual pemberdayaan remaja Gen-Z berbasis meaningful learning untuk optimalisasi kompetensi remaja mengenai Kesehatan Reproduksi dan 4) Membuat model konseptual pemberdayaan remaja Gen Z berbasis meaningful learning yang efektif untuk optimalisasi Kompetensi remaja Gen-Z mengenai Kesehatan Reproduksi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development.

Tujuan : Untuk melakukan eksplorasi, kompetensi remaja Gen-Z mengenai Kesehatan reproduksi, dan mendesain animasi model pemberdayaan remaja Gen Z dengan pengembangan Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation)

Metodologi; Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) Metode penelitian pengembangan adalah suatu proses/Langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru dan dapat dipertanggungjawabkan jadi penelitian ini akan menghasilkan sebuah product yang sudah diuji kelayakan sesuai Langkah-langkah yang ada. 

Hasil: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi berbasis LAPA mengenai Kesehatan Reproduksi pada peserta didik pada Gen Z di Kabupaten Grobogan.

Kesimpulan; Pengembangan media animasi berbasis LAPA mengenai kesehatan reproduksi dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Peneliti hanya melakukan penelitian pada tiga tahap, yakni Analyze, Design dan Development. Penelitian tidak sampai tahap Impelentation dan Evaluation.

 

Kata Kunci : Model Pengembangan Animasi LAPA, Kesehatan Reproduksi.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2019. Laporan Kependudukan. BPS: Jakarta Pusat

Hendra, L. 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Vulva Hygiene Saat Menstruasi Pada Siswa Tuna Grahita. Unisa: Yogyakarta

Kemenkes RI. 2015. Infodatin Reproduksi Remaja. Kemenkes: Jakarta

Mareti, S., & Nurasa, I. (2022). Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Di Kota Pangkalpinang. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 9(2), 25–32. https://doi.org/10.32539/jks.v9i2.154

Notoadmodjo. 2018. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta : Jakaarta

Nugroho, H. (2016). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Di Sman 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Hisbah, 15-27.

Susanto, J. R.(2015). Efektivitas Program Pelayanan Bimbingan Klasikal Mengenai Seksualitas Dalam Membentuk Sikap Terhadap Hubungan Seks Pranikah Di Sma Pangudi Luhur Santo Yosef Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 35-42.

Susilowati, E., Izah, N., Indonesia, F. R.-J. P. B., & 2023, undefined. (2023). Pengetahuan Remaja dan Akses Informasi terhadap Sikap dalam Praktik Kesehatan Reproduksi Remaja. Pbijournal.Org, 2798–8856. https://pbijournal.org/index.php/pbi/article/view/59

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 7(1), 126-138.




DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v10i01.646

Article Metrics

Abstract viewed : 34 times
PDF files downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot online slot gacor slot