EFEKTIVITAS TERAPI EMPATI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN 3 TELAGA JAYA KABUPATEN GORONTALO

Nur Uyuun I. Biahimo, Inne Ariane Gobel, Luthfiyana Umar

Abstract


 

Latar belakang: Salah satu bentuk pemyimpangan perilaku yang terjadi pada siswa sekolah dasar ialah bullying. Bullying merupakan sebuah tindakan yang dilakukan secara sengaja untuk menyakiti orang lain dengan cara fisik, sosial maupun verbal. empati dapat berkontribusi pada perkembangan moral sehingga perilaku bullying yang termasuk dalam perilaku imoral dapat dikurangi dengan meningkatkan empati. Selain empati dapat menurunkan perilaku bullying juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki hubungan dengan orang lain. Penatalaksanaan terapi empati ini menurut penelitin sebelumnya yang melakukan studi di luar negeri yang dilakukan oleh Stanbury dari Amerika Serikat pernah melakukan penelitian tentang The Effects Of An Emathy Building Program On Bullying Behaviour dalam jurnal membahas tentang pengembangan, implementasi dan menghasilkan bahwa program pembangunan empati mempunyai efek positif terhadap penurunan perilaku bullying. Dalam peneltian Stanbury subjek menjadi berkurang melakukan dalam melakukan perilaku bullying sehingga program dari empati ini mampu mengurangi perilaku bullying . Tujuan untuk mengetahui efektivitas terapi empati untuk menurunkan perilaku bullying pada anak sekolah dasar di SDN 3 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif pre-eksperimental dengan one group pre-test dan post-test design yang dilakukan pada satu kelompok dengan dua kali pengukuran. Peneliti akan mengukur perilaku bullying sebelum (pre-test) dilanjutkan dengan terapi empati kemudian mengukur kembali perilaku bullying (post-test). Populasi dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan  sampel yaitu purposive sampling dengan menggunakan kriteria inklusi dan ekslusi dan terdiri dari 32 responden.Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Olweus Bully/Victim Qustionnaire (OBVQ) yang dikembangkan oleh Goncalves et. al.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terapi empati efektif untuk menurunkan perilaku bullying pada anak sekolah dasar di SDN 3 telaga jaya kabupaten gorontalo dengan p-value 000 (<0.05). Selain itu, terdapat perbedaan perilaku bullying yang signifikan sebelum sebanyak 15 responden (46.9%) dan sesudah sebanyak 21 responden (65.6%).

Kesimpulan: Terapi empati efektif untuk menurunkan perilaku bullying pada anak sekolah dasar di SDN 3 telaga jaya kabupaten gorontalo.

Katakunci : Anak Sekolah Dasar, Perilaku Bullying, Terapi Empati.


Full Text:

PDF

References


Agustin, A. R., & Fitriana, R. N. (2024). PENGARUH TERAPI EMPATI TERHADAP KESADARAN DIRI REMAJA DALAM PENCEGAHAN BULLYING DI SMP N 2 JUWANGI THE EFFECT OF EMPATHY THERAPY ON ADOLESCENT SELF- AWARENESS IN BULLYING PREVENTION AT SMP N 2 JUWANGI. 1–9.

Aini, M. H. (2024). Mekanisme neurobiologis dalam perkembangan empati dan perilaku prososial pada anak-anak. Jurnal Sains Student Research, 2(3), 956–962. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1712.

Amidun, K. (2019). Cyberbullying & Body Shaming. Penerbit K-Media.

Annisa, N., Mahisani, T. P., & Arsini, Y. (2024). 12 Pendekatan Person Centered (Rohma, dkk) Madani. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 419–424. https://doi.org/10.5281/zenodo.10448718

Asrorurrosyldin, M. et al. (2024). Jurnal akselerasi merdeka belajar dalam pengabdian orientasi masyarakat : Pencegahan Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Sosialisasi.

Ayuni Despa. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 93–100.

Budiman, A., & Asriyadi, F. (2021). PERILAKU BULLYING PADA REMAJA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. CV. Pena Persada.

Dewi, P. F. S. (2023). Pelatihan Empati Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Pada Pelaku Bullying Siswa Smp. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 15(1), 51–62. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol15.iss1.art5

Diswantika, N., & Yustiana, Y. R. (2022). Model Bimbingan Dan Konseling Bermain Cognitive-Behavior Play Therapy Untuk Mengembangkan Empati Mahasiswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 40. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6215

Fatimatus Zahro, Salsabilla Salva Augusta, & Insan Romadhan. (2024). Komunikasi Empati Untuk Mengurangi Kasus Bullying Pada Siswa SD Negeri Medokan Semampir. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(1), 136–146. https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i1.742

Fatimatuzzahro, A. (2023). EFEKTIVITAS TERAPI EMPATI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING. Stiletto Book.

Fatimatuzzahro, A., & Suseno, M. (2017). Menurunkan Perilaku Bullying Pada Anak. J PETIK. 2017;3(September):1–12. J Petik, 3(9), 1–12.

Harlia Putri, T., Rahmi, D., Gabby Novikadarti Rahmah, R., Keperawatan Universitas Tanjungpura, P., Keperawatan Baiturrahmah, A., & Al Insyirah Pekanbaru, Stik. (2024). Studi Literatur: Gambaran Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 7(1). https://doi.org/10.32584/jika.v7i1.2563

Hartati, A., & Astriningsih, N. (2020). Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar Dengan Empati Siswa. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2901

Harun, S. (2023). Meningkatkan Empati Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Improving Student Empathy Through Group Guidance Services. The Effectiveness of Information Services on Developing Career Planning of the Students, 2(April), 153–164. https://ojs.uho.ac.id/index.php/attending/article/download/46674/19611

K, C. (2023). Mengenal Jenis-jenis Bullying dan Bagaimana Mencegahnya. Cahaya harapan.

kasanah, siti uswatun. et. al. (2023). PENDIDIKAN ANTI BULLYING. CV. Basya Media Utama.

Kristinawati, V. P., & Pranoto, E. (2023). Tinjauan Yuridis Terhadap Tindak Pidana Bullying Di Sekolah. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 241–259.

Lusiana, S. N. E. L., & Siful Arifin. (2022). Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(2), 337–350. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.252

Marhaely, S., Purwanto, A., Aini, R. N., Asyanti, S. D., Sarjan, W., & Paramita, P. (2024). Literatur Review: Model Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Untuk Sekolah. 2024, 5(1), 826–834.

Maria, J., Tuapattinaja, R., Danta, E., Ginting, J., & Fauzia, R. (2024). Stop Bullying Dengan Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Siswa SMP Methodist 1 Medan. 2, 69–75.

Muhayati, S., & Budiarti, M. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Anak Usia Sd Taat Pada Peraturan Sekolah. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 71. https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i1.460

Nabila, P. A., Suryani, S., & Hendrawati, S. (2022). Perilaku Bullying Dan Dampaknya Yang Dialami Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.32584/jika.v5i2.1246

Novianto, P., Hantoro, M., Budiman, A., Dewi, L., Sita, S. D., Noverdi, H., Ekkuinbang, P. S., Suryani, A. S., Prasetiawan, T., Ade, T., Masyithah, S., Yosephus, A. A., Kesra, M., Trias, Y. I., Febryka, P. K. L., Mohammad, N., Nur, T., Fieka, S. P. S., Koordinator, N. A., … Suhayati, M. (2024). Kekerasan Pada Anak Di Satuan Pendidikan. Idntimes.Com, 1 Oktober, 1–2. https://pusaka.dpr.go.id

Pajri, D. N. (2024). Dampak Psikologis Akibat Tindakan Bullying Pada Remaja Terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 8(1), 58–64. https://doi.org/10.33369/jkaganga.8.1.58-64

Pongpalilu, fien et. al. (2023). Perkembangan Peserta didik : (Teori & Konsep Perkembangan Peserta Didik Era Society 5.0). PT.Sonpedia Publishing Indonesia

Pradana, C. D. E. (2024). Pengertian Tindakan Bullying, Penyebab, Efek, Pencegahan dan Solusi. Jurnal Syntax Admiration, 5(3), 884–898. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i3.1071

Putri, A. P., Maulia, D., & Lestari, F. W. (2024). Perbedaan Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Bystander Bullying Pada Siswa di Indonesia dan Malaysia. 8(2), 163–171. https://doi.org/10.26539/teraputik.823197

Putri, S. E., Zubair, A. G. H., & Minarni, M. (2024). Empati Sebagai Prediktor Terhadap Forgiveness Pada Mahasiswa Di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 4(1), 11–17. https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.2489

Rama, R. (2024). BERTUMBUH DAN BERKEMBANG : Mengasah diri dan karir menuju kesuksesan. Cv. Feniks Muda Sejahtera.

Rati, N. W., Apsari, N. M., Putri, R. P., Swari, N. putu, Dewi, putu astrita, & Darsana, I. W. (2024). Stop Bullying! Penerbit Nilacakra.

Razak, A. A. A.-. (2023). Pengaruh school bullying.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar. 8(2), 89–100.

Saleh, S. R., Sinring, A., & Umar, N. F. (2022). Pengembangan Media Empati ( E-Book Panduan Empati ) Untuk Mengurangi Perilaku Phubbing Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Empati, E-Book Panduan, 2(6), 219–224.

Setiawati, R. (2024). Metodologi Penelitian Bisnis : Strategi dan Teknik Penelitian Terkini. PT. Asadel Liamsindo Teknologi.

Sinta Zakiyah, Nurul Hidayah Hasibuan, Aufa Yasifa, Suhaila Putri Siregar, & Olivia Wahyu Ningsih. (2024). Perkembangan Anak pada Masa Sekolah Dasar. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 71–79. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2338

Sriwiyanti. (2023). Pentingnya Pendidikan Gizi Seimbang Pada Anak-anak Sekolah Dasar (SD). Penerbit Lembaga Chakra Brahmada Lentera.

Sukamto, I., Salido, A., Yarid, H., & Mutmainnah. (2023). Bullying Mencederai Hakikat Manusia. CV. Azka Pustaka.

Suroto, S. (2024). Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v4i1.3067

Suryani, U., Yazia, V., Hasni, H., Nurleny, & Fatrida, D. (2022). Kemampuan Perkembangan Anak Usia Sekolah Dalam Permainan Kelompok Dengan Permainan Lempar Tangkap Bola. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 4(Desember), 603–608. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM

Susanto, R. (2022). PROFESI KEPENDIDIKAN : Membangun Nilai Profesi, Keterampilan Pribadi dan Kompetensi Profesi. Penerbit ANDI.

Us’an. (2024). Intervensi Neuropsikologi dengan Pendekatan Islam dalam Mencegah Bullying di Kalangan Remaja. CV Bintang Semesta Media.

Yatimah Durotul, & Malisi, C. (2024). ANTI BULLYING: PENDEKATAN PENDIDIKAN TERPADU. CV. Bayfa Cendekia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v10i01.637

Article Metrics

Abstract viewed : 89 times
PDF files downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot online slot gacor slot