HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI (HIPERTENSI) PADA LANSIA DI DESA TRUWOLU KECAMATAN NGARINGAN KABUPATEN GROBOGAN

Ahmad Arifin, Suryani Suryani, Wahyu Riniasih

Abstract


Latar Belakang: Hipertensi merupakan salah satu kontributor paling penting untuk penyakit jantung dan stroke yang bersama-sama membentuk penyebab nomor satu kematian dan kecacatan di dunia. Para peneliti memperkirakan bahwa tekanan darah tinggi memberikan kontribusi untuk 9,4 juta kematian akibat penyakit kardiovaskuler setiap tahun. Hal ini juga meningkatkan risiko kondisi seperti gagal ginjal dan kebutaan (WHO, 2013). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Dukungan Keluarga dalam Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Pada Lansia di Desa Trowolu Kecamatan Ngaringan.

Metode: Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua lansia yang menderita tekanan darah tinggi (hipertensi) di Desa Towolu sejumlah 60 lansia. Teknik sampling adalah teknik yang dipergunakan untuk mengambil sampel dari populasi (Hidayat, 2009). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling, yang merupakan teknik penentuan sampel jika seluruh populasi dijadikan sampel (Saryono, 2009).

Hasil: Dari hasil diperoleh nilai p 0.000 yang menunjukkan bahwa korelasi antara skor tingkat pengetahuan dan dukungan keluarga bermakna dengan uji korelasi Spearman’s rho. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan tingkat pengetahuan dengan dukungan keluarga dalam menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) pada lansia di Desa Trowolu Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan.

Simpulan:Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan tingkat pengetahuan dengan dukungan keluarga dalam menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) pada lansia di Desa Trowolu Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan.


Kata Kunci    : Hipertensi, Tingkat Pengetahuan dan Dukungan Keluarga


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v2i2.52

Article Metrics

Abstract viewed : 384 times
Full Text files downloaded : 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.