KEPATUHAN PENATALAKSANAAN HIPERTENSI OLEH PERAWAT DI PUSKESMAS TOROH I KABUPATEN GROBOGAN

Sulistiyarini Sulistiyarini, Muhamad Khorun Azis

Abstract


Latar belakang; Lebih dari sebagaian penderita hipetensi tidak patuh terhadap program pencegahan Hipertensi di Puskesmas Toroh I Kabupaten Grobogan yang menjadikan peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian untuk menilai hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku penderita hipertensi dengan kepatuhan dalam melaksanakan managemen hipertensi di Puskesmas Toroh I Kabupaten Grobogan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pegetahuan, sikap dan perilaku pada pasien hipertensi dengan kepatuhan penatalaksanaan hipertensi di Puskesmas Toroh 1 Kabapaten Grobogan

Metode: Penelitian ini berjenis Studi korelasi  dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien hypertensi yang berobat di Puskesmas Toroh I Kabupaten Grobogan dengan jumlah 213 responden yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling.

Hasil; Dari analisis Spearman rank didapatkan koefisien korelasi, Gnostic zoom with compliance = 0. 793, sikap dengan kepatuhan = 0,713, perilaku dengan kepatuhan = 0,825. Karena hasil menunjukkan p <0,05 maka terdapat hubungan antar variabel independen dengan variabel dependen.

Kesimpulan; Berdasarkan analisa Spearman Rank dapat disimpulkan ada hubungan antara sikap dan perilaku pasien hipertensi terhadap kepatuhan program hipertensi di Puskesmas Toroh I Kabupaten Grobogan.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Penatalaksanaan Hipertensi


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v2i1.51

Article Metrics

Abstract viewed : 219 times
Full Text files downloaded : 211 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.