PENGARUH PERILAKU KEKERASAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU AGRESIF ANAK DI SD N 5 LEBAK KECAMATAN GROBOGAN

Ragil Arif Junianto, Kiki Natassia, Meity Mulya Susanti

Abstract


Latar Belakang – Kekerasan berasal dari kecenderungan bawaan bersikap agresif satu sama lain. Dapat dikatakan kekerasan merupakan bentuk agresif seseorang yang dapat muncul dengan berbagai cara dan dapat dilihat dalam tindakan yang berbeda. Agresif fisik adalah kecenderungan individu untuk melakukan serangan secara fisik untuk mengekspresikan kemarahan. Bentuk serangan fisik tersebut seperti memukul, mendorong, menendang, mencubit, dan lain sebagainya. Agresif verbal adalah kecenderungan untuk menyerang orang lain atau memberikan stimulus yang merugikan dan menyakitkan kepada organisme lain secara verbal, yaitu melalui kata-kata atau penolakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku kekerasan orang tua terhadap perilaku agresif anak di SD N 5 Lebak Kecamatan Grobogan.

Metode – Penelitian ini menggunakan desain case control dengan pendekatan retrospektive yaitu efek diidentifikasi pada saat ini, dan faktor resiko diidentifikasikan terjadi pada waktu yang lalu.

Hasil – Berdasarkan analisis menggunakan komputerisasi dengan uji Chi – Square nilai observed  untuk sel a,b,c,d masing-masing 25,4,15,36. Sedangkan nilai rownya masing-masing 31.2%, 5.0%, 18.8%, 45.0%. dari hasil uji Chi – Square didapatkan nilai p= 0.000 = < alpha =0,05 jadi Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh perilaku kekerasan orang tua terhadap perilaku agresif anak di SD N 5 Lebak Kecamatan Grobogan.

Kesimpulan – Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perilaku kekerasan orang tua terhadap perilaku agresif anak di SD N 5 Lebak Kecamatan Grobogan.

 

Kata kunci : Perilaku Agresif, Perilaku Kekerasan, Anak Usia Sekolah


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v2i1.50

Article Metrics

Abstract viewed : 224 times
Full Text files downloaded : 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.