PENGARUH JOGING TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA REMAJA SMAN 1 TOROH

Mika Agustiana, Wahyu Riniasih, Sukmayadi Sukmayadi

Abstract


Latar Belakang: Stres adalah suatu keadaan seseorang mengalami tekanan dari lingkungannya dan tidak dapat mengatasinya sehingga akan menjadikan seorang tersebut mengalami gangguan psikis. Prevalensi stres remaja di indonesia meningkat dari tahun ke tahun, yaitu mencapai 64 juta jiwa atau 27,6% dari jumlah penduduk di Indonesia, di Jawa Tengah prevalensi stres tahun 2022 tercatat 608.000 orang mengalami stres. Prevelensi di kabupaten Grobogan 7% dari 119.588 dari jumlah penduduk di kabupaten Grobogan (Ambarwati., 2020). Stres merupakan bagian yang tidak terhindarkan dari kehidupan. Stres mempengaruhi setiap orang, bahkan anak-anak. Kebanyakan stres di usia remaja berkaitan dengan masa pertumbuhan. Remaja khawatir akan perubahan tubuhnya dan mencari jati diri, keterampilan menyelesaikan masalah, tetapi karena pergolakan emosional dan ketidakyakinan remaja dalam membuat keputusan penting. Manfaat jogging yaitu membantu menurunkan dan menjaga berat badan yang sehat, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyehatkan jantung, meningkatkan kekuatan tulang dan mengembangkan otot, meningkatkan sistem pernafasan dan mengurangi stres (Andalsari, 2018).

Tujuan ; Untuk mengetahui pengaruh joging terhadap penurunan tingkat stres pada remaja SMAN 1 Toroh.

Metodologi; Jenis penelitian ini menggunakan desain quasi eksperiment dengan posttest– only control design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden siswa SMAN 1 toroh dengan menggunakan teknik sampel simple random sampling, dengan uji paired sampel t-test dan Independent t-test.

Hasil; Hasil penelitian diketahui uji t dependent (paired t test) diperoleh nilai p-value ,000 nilai tersebut < ? 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh joging terhadap penurunan tingkat stress.

Kesimpulan; Kesimpulan ada pengaruh joging terhadap tingkat stres pada remaja SMAN 1 Toroh.

 

 

Kata Kunci; Joging, Penurunan Tingkat Stres, Remaja

Daftar Pustaka;  6 (2014-2020)


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2020). THE DESCRIPTION OF STRES LEVELS INCOLLEGE STUDENT. 5(5).

American Psychiatric Association. (2014). Diagnostic and statistical manual of mental disorders : DSM-5. American Psychiatric Association

Andalasri, Ricca, & Berbudi BL, Abdurahman. (2018). Kebiasaan Olahraga Berpengaruh Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jakarta III.

Astuti, D. R., Surmantika, R., & Rubai, M. (2020). Pengaruh Olahraga Terhadap Penurunan Tingkat Stres. 1(1).

Hawari, D. H. 2016. Manajemen Stres Cemas dan Depresi. FKUI Universitas Indonesia. Jakarta.

Notoatmodjo. (2018). Notoatmodjo, 2018. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952., 5-24.




DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v9i01.495

Article Metrics

Abstract viewed : 17 times
PDF files downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.