PENGARUH AROMATERAPI DUPA LAVENDER TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRESS SAAT PENYUSUNAN SKRIPSI PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN STIKES AN NUR PURWODADI

Ni Komang Tri Widayani, Sutrisno Sutrisno, Wahyu Riniasih

Abstract


Latar Belakang; Angka kejadian stres di dunia cukup tinggi, lebih dari 350 juta penduduk dunia mengalami stres dengan peringkat ke-4 di dunia. Hasil survey di Universitas Indonesia di dapatkan hasil bahwa mahasiswa yang sedang skripsi 50% mengalami stres. Hal ini dapat diatasi dengan terapi non farmakologi menggunakan aromaterapi dupa lavender untuk menurunkan tingkat stres. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh aromaterapi dupa lavender terhadap penurunan tingkat stress saat penyusunan skripsi pada mahasiawa S1 Keperawatan Stikes An Nur angkatan 2013.

Metode; Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan pendekatan pre-test-post-test with control group. Teknik sampling yang digunakan adalah probalility Sampling dengan metode sampling acak sederhana (simple random sampling) dan didapatkan 58 responden.

Hasil; Berdasarkan analisa menggunakan SPSS 16.0 diperoleh nilai rata-rata (mean) penurunan tingkat stres pada kelompok eksperimen adalah 2.76, sedangkanpenurunan tingkat stres pada kelompok kontrol adalah .00. selain itu hasil dari uji pair t test pada kelompok eksperimen diperoleh nilai Pv = 0.000 (alpha = 0.05) yang menunjukkan adanya pengaruh aromaterapi dupa lavender terhadap penurunan tingkat stres saat penyusunan skripsi pada mahasiswa S1 Keperawatan Stikes An Nur angkatan 2013, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai Pv = 1.000 (alpha=0.05) yang menunjukkan tidak ada pengaruh pada kelompok kontrol. selain itu hasil uji man whitney diperoleh nilai Pv = .000 (alpha=0.05) yang menunjukkan adanya perbedaan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Kesimpulan;  Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh aromaterapi dupa lavender terhadap penurunan tingkat stress saat penyusunan skripsi pada mahasiawa S1 Keperawatan STIKES An Nur Purwodadi.

 

Kata Kunci : Stres, Dupa Lavender


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v1i1.47

Article Metrics

Abstract viewed : 955 times
Full Text files downloaded : 485 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.