GAMBARAN FUNGSI SEKSUAL WANITA MENOPAUSE USIA 40-60 TAHUN DI KOTA DENPASAR

Ida Ayu Ningrat Pangruating Diyu, Ni Wayan Erviana Puspita Dewi

Abstract


Latar Belakang: Disfungsi seksual pada wanita menopause menjadi isu penting dan apabila tidak ditangani dapat berdampak negative pada kualitas hidupnya. Namun masih sedikit informasi mengenai gambaran fungsi seksual khususnya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran fungsi seksual pada wanita menopause usia 40-60 tahun.

Metode Penelitian: Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif cross sectional study. Penelitian dilakukan di Kota Denpasar. Sampel penelitian ini berjumlah 254 wanita menopause usia 40-60 tahun yang masih aktif berhubungan seksual. Stages of Reproductive Aging Workshop (STRAW+10) digunakan untuk mengklasifikasikan wanita menopause. Instrumen yang digunakan adalah instrument yang dirancang sendiri untuk mengetahui karakteristik responden dan kuesioner Female Sexual Function Index (FSFI) untuk fungsi seksual pada wanita menopause.

Hasil: Hasil analisa data menunjukkan sebagian besar wanita menopause usia 40-60 tahun mengalami disfungsi seksual 78.7%. Berdasarkan domain seksual prevalensi gangguan dorongan seksual didapatkan sebesar 49.6%,  ganguan bangkitan seksual 70.5%, gangguan lubrikasi 62.6%,  gangguan orgasme 62.2% , gangguan kepuasan 74.0%,  nyeri 33.1%.

Kesimpulan:  Hampir sebagian besar wanita menopause mengalami disfungsi seksual dan prevalensinya meningkat seiring dengan meningkatnya frekuensi gangguan di masing-masing domain yang dirasakan. Konseling dan edukasi mengenai aktiftas seksual bagi wanita ketika memasuki masa menopause sangat diperlukan bagi wanita menopause.

 

Kata kunci:  Menopause, Fungsi Seksual, Wanita, Female Sexual Function Index (FSFI)


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v7i2.386

Article Metrics

Abstract viewed : 222 times
Full Text files downloaded : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.