PENGARUH POLA MAKAN TERHADAP KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI MTs N PENAWANGAN

Alfiatu Mustofiah, Sutrisno Sutrisno, Wahyu Dewi Hapsari

Abstract


Latar Belakang: Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan di seluruh dunia terutama negara berkembang yang diperkirakan 30% penduduk dunia menderita anemia. Anemia banyak terjadi pada masyarakat terutama pada remaja putri. Anemia pada remaja sampai saat ini masih cukup tinggi, menurut World Health Organization (WHO) (2013), prevalensi anemia dunia berkisar 40-88%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola makan terhadap kejadian anemia pada remaja putri MTs N Penawangan Kabupaten Grobogan.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian studi kuantitatif dengan pendekatan case control, populasi dalam penelitian ini adalah siswi MTs N Penawangan yang mengalami anemia. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan sampel 65 orang. Uji Hipotesis yang digunakanadalah Chi-Square sebagai Analisis Statistik.

Hasil: Dalam penelitian ini hasil p value = 0.000 < 0.005. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh pola makan terhadap kejadian anemia di MTs N Penawangan.

Simpulan: Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pola makan terhadap kejadian anemia pada remaja putri MTs N Penawangan.

 

Kata Kunci    : Pola makan, Anemia dan Remaja Putri


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v2i1.38

Article Metrics

Abstract viewed : 446 times
Full Text files downloaded : 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.