ANALISIS ZAT PEWARNA RHODAMIN B PADA CENDOL YANG DIJUAL DI PASAR WILAYAH SURAKARTA

Mingle A Pistanty, Agung Setyawan

Abstract


Latar belakang; Rhodamin B merupakan salah satu pewarna sintetik yang memiliki rumus molekul C28H31N2O3Cl dengan berat molekul sebesar 479.000. Biasanya pewarna ini digunakan untuk pewarna kertas, wool dan sutra, namun seringkali digunakan sebagai pewarna pada makanan, salah satunya adalah cendol. Rhodamin B bila dikonsumsi dalam jumlah paling sedikitpun sangat beresiko menyebabkan gangguan pada fungsi hati, kanker, hati, kerusakan ginjal dan alergi. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya penggunaan Rhodamin B dalam cendol.

Metode; Sampel cendol didapat dari kelima pasar di wilayah Surakarta yaitu, Pasar Nusukan, Pasar Mojosongo, Pasar Sidodadi, Pasar Klewer, Pasar Legi. Selanjutnya sampel dianalisis teksturnya dan sampel di filtrasi. Sampel filtrasi dianalisis menggunakan metode Ekstraksi dengan pereaksi tetes NH4OH 12%, HCl, H2SO4 pekat, dan NaOH 10%.

Hasil; Berdasarkan analisis menggunakan metode Ekstraksi, didapatkan 3 dari 9 sampel yang diambil positif mengandung Rhodamin B yaitu 22,2% dari Pasar Kleco, dan 11,1% dari Pasar Legi.

Kesimpulan; Masih terdapat penggunaan bahan Rhodamin B pada Cendol.

 

 

Kata kunci : Cendol, Rhodamin B, Metode Ekstraksi


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v2i2.37

Article Metrics

Abstract viewed : 893 times
Full Text files downloaded : 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.