STRATEGI KELUARGA DALAM PENCEGAHAN PENULARAN HEPATITIS PADA KELUARGA PASIEN YANG BERESIKO TINGGI DI RSUD DR. R. SOEDJATI PURWODADI

Sutiyono Sutiyono, Wahyu Unggul Widodo

Abstract


Latar Belakang;  WHO (2003) menyebutkan 350 juta menderita hepatitis B kronik dan 1 juta orang meninggal, sedangkan yang menderita penyakit hepatitis C sekitar 130-170 juta, dan sekitar 350 ribu diantaranya meninggal dunia. Kejadian ini juga terjadi di Indonesia bahkan cenderung meningkat karena kurangnya pencegahan antara penderita dan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan keluarga tentang hepatitis dengan perilaku pencegahan terhadap penularan hepatitis pada keluarga pasien yang beresiko tinggi di RSUD Dr. R. Soedjati Purwodadi.

Metode; Jenis penelitian ini adalah Deskriptif korelational dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 16 responden yang merupakan keluarga penderita hepatitis. Analisa dilakukan secara univariat dan bivariate menggunakan Pearson Product Moment (PPM).

Hasil; Pengetahuan keluarga tentang hepatitis dengan pengetahuan baik ada 50% (8 responden), perilaku pencegahan terhadap penularan hepatitis pada keluarga pasien yang berisiko yang tergolong baik ada 62,5% (10 responden) dan analisa bivariate menunjukkan Ada hubungan antara pengetahuan keluarga tentang hepatitis dengan perilaku pencegahan terhadap penularan hepatitis dengan (p=0,005 dan rs=0,669)

Kesimpulan; Ada hubungan antara pengetahuan keluarga tentang hepatitis dengan perilaku pencegahan terhadap penularan hepatitis pada keluarga pasien yang berisiko tinggi

 

Kata Kunci; Keluarga, Pencegahan, Hepatitis


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v2i2.34

Article Metrics

Abstract viewed : 508 times
Full Text files downloaded : 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.