GAMBARAN KUNJUNGAN LANSIA PENDERITA HIPERTENSI KE POSBINDU DI MASA PANDEMI COVID-19

Sugito Sugito

Abstract


Latar belakang; Pada masa pandemi Covid-19, lansia dan orang dengan penyakit penyerta merupakan salah satu kelompok yang sangat rentan terpapar virus Covid-19 (Kemenkes RI, 2020). Oleh karenanya, pemerintah melalui Kementrian Kesehatan menaruh perhatian serius dan khusus bagi mereka, pasalnya mereka berpotensi besar mengalami masalah klinis sehingga meningkatkan risiko kematian. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tahun 2020, dari total kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 1.488 pasien dengan penyakit penyerta. Dengan persentase terbanyak pasien dengan penyakit penyerta yaitu penyakit hipertensi 50,5 %, kemudian diikuti Diabetes Melitus 34,5 %, dan penyakit jantung 19,6 % (Kemenkes RI, 2020).

Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian descriptive dengan metode pendekatan retrospektif.   Populasi dari kunjungan lansia penderita hipertensi sebanyak 419 lansia. Dalam penelitian ini menggunakan  probability sampling, teknik pengambilan sampel dengan systematic random sampling sebanyak 200 responden.

Hasil; Dari 200 lansia, total kunjungan lansia penderita hipertensi memiliki nilai rata-rata yaitu 6,35 yang mana berdasarkan kategori kunjungan lansia hipertensi ke Posbindu dimasa pandemi Covid-19 termasuk ke nilai < 7 yang artinya termasuk kategori kurang aktif.

Kesimpulan; Meningkatkan kunjungan lansia penderita hipertensi ke Posbindu di masa pandemi Covid-19 yaitu dengan cara memberikan informasi. Pemberian informasi ini dapat dilakukan baik secara langsung melalui penyuluhan saat lansia melalukan kunjungan ke Posbindu ataupun melalui media massa.

 

Kata Kunci : Lansia, Hipertensi, Covid-19

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v7i01.335

Article Metrics

Abstract viewed : 161 times
Full Text files downloaded : 256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.