PENGUATAN STRUKTUR PERAN KELUARGA DALAM VAKSIN BOSTER COVID 19 MELALUI INTERPERSONAL RELATIONS DAN GENDER MAINSTREM DENGAN METODE HILDEGARD PEPLAU

Sutiyono Sutiyono

Abstract


Latar Belakang; Kabupaten Grobogan merupakan salah satu kabupaten yang terdampak dari pandemi Covid 19. Kasus Covid 19 di Kabupaten Grobogan yang sembuh dari covid 19 sebanyak 437 kasus. Kasus orang dengan perawatan 37 orang, 21 orang pasien dalam pelaksanaan isolasi mandiri. Salah satu upaya yang bisa dilaksanakan dengan vaksinasi. Upaya untuk meningkatkan vaksin dengan tindakan Interpersonal Relations Dan Gender Mainstream dengan Metode Hildegard Peplau dalam vaksin boster covid 19.

Metodologi; Pendekatan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment), dan rancangan yang digunakan adalah pre post test design. Analisis dengan Uji T-berpasangan dengan uji Wilcoxon. Analisis Multivariat menggunakan Multivariat Analysis of Variance atau MANOVA.

Hasil; berdasarkan hasil statistic didapatkan ada pengaruh tindakan Interpersonal Relations Dan Gender Mainstream dengan Metode Hildegard Peplau dalam vaksin boster dengan p value 0,0021 dan ada pengaruh Gender Mainstream dalam memberikan dukungan kegiatan vaksin boster sebesar 0,043. Sedangkan factor yang mempengaruhi dalam vaksin boster dalam Interpersonal Relations Dan Gender Mainstream komunikasi (0,0064),metode pendekatan keluarga (0,045), kepedulian keluarga (0,0001) Sedangkan dalam factor Gender Mainstream yang dilakukan yang paling mempengaruhi adalah peran keluarga dengan pvalue 0,0001.

Kesimpulan; Terdapat pengaruh tindakan Interpersonal Relations Dan Gender Mainstream dengan Metode Hildegard Peplau dalam vaksin boster.

 

Kata Kunci; Intepersonal Relations; Gender Mainstream; Peran Keluarga; Vaksin Boster Covid 19

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v7i01.329

Article Metrics

Abstract viewed : 214 times
Full Text files downloaded : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.