ANALISIS KEBIASAAN MEROKOK TERHADAP TEKANAN DARAH PADA HIPERETENSI DI DUSUN II DESA BULAK MAGETAN

Hamidatus Daris Sa’adah

Abstract


Latar Belakang; Saat ini masalah untuk penyakit yang banyak terjadi di sekitar kita salah satunya adalah Hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan seseorang yang mengalami peningkatan abnormal tekanan darah dalam pembuluh arteri secara terus menerus. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya hipertensi adalah merokok. Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Kebiasaan Merokok Dengan Peningkatan Tekanan Darah Penderita Hipertensi di Dusun II Desa Bulak Magetan.

Metode; Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian yaitu semua penderita hipertensi yang ditemui di Dusun II Desa Bulak. Dalam mencari sampel penelitian ini terdapat minimal sampel yang dapat digunakan menurut Cohen yaitu sebanyak 30 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah yaitu 43 responden yang ditemukan selama Bulan Mei 2020. Data diperoleh dengan cara pengisian kuesioner dan pengecekan tekanan darah secara langsung.

Hasil: hasil penelitian dengan uji Kruskal Wallis didapatkan nilai Pvalue menunjukkan nilai ?= 0,00 dimana <0,05 yang berarti menerima Ha dan  menolak H0.

Kesimpulan; Ada korelasi kebiasaan merokok dengan tekanan darah pada penderita hipertensi di Dusun II Desa Bulak.  

 

Kata kunci: Merokok, Tekanan Darah, Hipertensi

Full Text:

Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 1 times
Full Text files downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.