HUBUNGAN PEMAKAIAN COMPACT POWDER TERHADAP TINGKAT KEPARAHAN ACNE VULGARIS PADA REMAJA WANITA DI MA YPI KLAMBU

Talitha Elan Hatma Maharani, Suryani Suryani, Wahyu Dewi Hapsari

Abstract


Latar Belakang : Acne vulgaris adalah penyakit peradangan kronis folikel pilosebasea yang umum terjadi pada usia 14-17 tahun. Pada tahun 2007 terdapat sekitar 80% remaja penderita acne vulgaris di Indonesia. Salah satu faktor penyebab acne adalah penggunaan kosmetik seperti compactpowder. Dampak yang ditimbulkan oleh acne vulgaris tidak hanya pada permasalahan fisik saja, tetapi akan berdampak pada kualitas hidup seseorang dan kesehatan psikis pada remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemakaian compact powder terhadap tingkat keparahan acne vulgaris pada remaja wanita di MA YPI Klambu.

Metode: Penalitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional, teknik sampling yang digunakan Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling dan didapatkan sampel 61 responden. Uji hipotesis menggunakan Spearman rho dengan SPSS 16.0.

Hasil: Berdasarkan analisis menggunakan SPSS 16.0 dengan uji Spearman rho diperoleh nilai p = 0,006 jadi korelasi kedua variabel signifikan karena besarnya nilai (-value) lebih kecil dibandingkan dengan besarnya =0,05. Berarti secara statistik terdapat hubungan yang bermakna antara kedua variabel.

Kesimpulan: Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan pemakaian compact powder terhadap tingkat keparahan acne vulgaris pada remaja wanita di MA YPI Klambu.

 

Kata Kunci: Compact Powder, Acne Vulgaris


Full Text:

Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 7 times
Full Text files downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.