ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECELAKAAN PADA PEKERJA KONTRAKTOR SAAT SHUTDOWN DI PT INDO RAYA KIMIA

Wendi Darmawan, Kumoro Asto Lenggono

Abstract


Latar Belakang: Keselamatan karyawan merupakan salah satu tujuan penting yang ingin dicapai dalam dunia usaha, baik itu pengusaha, pekerja itu sendiri maupun instansi pemerintah dimana dalam tugasnya pekerja mengelola sumber daya manusia, dan pihak lain dari instansi swasta. Kecelakaan yang terjadi pada proyek konstruksi akan menjadi salah satu penyebab terganggunya atau terhentinya aktivitas pekerjaan proyek sehingga perlu dilakukan analisa kecelakaan pada pekerja di dunia usaha.

Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survey yang bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian kecelakaan kerja pada pekerja kontraktor saat shutdown di PT Indo Raya Kimia. Jumah sampel 104 karyawan dengan instrumen kuesioner. Analisis data menggunakan pemodelan persamaan struktural model (SEM) dengan software SmartPLs.

Hasil: Terdapat pengaruh faktor manusia, faktor teknis, dan faktor lingkungan secara keseluruhan terhadap kejadian kecelakaan kerja pada pekerja kontraktor saat shutdown di PT Indo Raya Kimia. Variabel faktor manusia, faktor teknis dan faktor lingkungan mampu menjelaskan variabel kecelakaan kerja sebesar 79,08% (33,41%, 22,95%, 22,72%).

Kesimpulan: Faktor manusia merupakan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kecelakaan kerja. Diharapkan pimpinan PT Indo Raya Kimia melakukan pendidikan dan pelatihan bagi karyawan agar meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja dan karyawan diharapkan menggunakan alat pelindung diri yang telah disediakan oleh perusahaan agar tidak merugikan diri sendiri, dan mengikuti shift kerja yang ditetapkan oleh perusahaan.

 

Kata Kunci: Kecelakaan Kerja, Shutdown, Persamaan Structural Model (SEM)


Full Text:

Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 8 times
Full Text files downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.