UPAYA PEMBERDAYAAN KADER KESEHATAN MELALUI PROGRAM DETEKSI DINI DAN PENGENDALIAN PENYAKIT HIPERTENSI DI DSN. CANTEL, DS. CANTEL, KEC. PITU WILAYAH KERJA PUSKESMAS PITU KABUPATEN NGAWI

Hamidatus Daris Sa’adah, Raudhotun Nisak

Abstract


Latar Belakang:. Warga menyatakan tidak pernah melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin sebagai bentuk pengendalian atau kewaspadaan terhadap penyakit hipertensi mereka. Adapun masalah yang dihadapi oleh para kader di Dusun Cantel yaitu belum mengetahui bagaimana cara melakukan pengukuran tekanan darah. Maka dari itu Salah satu solusinya adalah Melatih kader posayndu agar terampil melakukan pengukuran tekanan darah. Dengan dapat melakukan pengukuran tekanan darah seseorang akan dapat mendeteksi dirinya sendiri maupun orang lain sehingga ketrampilan pengukuran tekanan darah penting untuk bisa dilakukan oleh semua orang. Tujuan: Meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemampuan dan kemauan kader kesehatan  dapat membantu  mendeteksi dini dan mengendalikan penyakit hipertensi.

Metode: Pengabdian masyarakat yaitu pelatihan kader kesehatan meliputi pengukuran tekanan darah, Tanya jawab,dan diskusi tentang pengenalan dan tindak lanjut hipertensi di tatanan masyarakat.

Hasil: Mayoritas masyarakat yang terlibat dalam pengabdian masyarakat ini adalah perempuan (72%) dengan tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg, Sebagian besar peserta penyuluhan kesehatan mempunyai sikap baik dalam menghadapi penyakit hipertensi. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan meliputi kegiatan pelatihan kader kesehatan tentang cara pemeriksaan tekanan darah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif kader kesehatan dalam mendeteksi dan mengendalikan penyakit hipertensi melalui pemeriksaan rutin tekanan darah pada warga Dusun Cantel Desa Cantel Kecamatan Pitu. Sebagian warga telah hadir sesuai target sehingga tujuan dalam meningkatkan peran masyarakat, khususnya keluarga dalam mendeteksi dini dan mengendalikan penyakit hipertensi  di Dusun Cantel Desa Cantel Kecamatan Pitu.

 

Kata Kunci: Kader Kesehatan, Hipertensi, Pengabdian Masyarakat

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v6i1.283

Article Metrics

Abstract viewed : 220 times
Full Text files downloaded : 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.