PENGALAMAN IBU POST IN VITRO FERTILIZATION (IVF) DALAM PENCAPAIAN PERAN IBU DI SEMARANG

Indah Wulaningsih

Abstract


Latar Belakang: Infertilitas merupakan salah satu masalah kesehatan reproduksi bagi pasangan suami isteri. Di Indonesia, tercatat 10-20% pasangan adalah infertil. Pasangan usia subur yang ada di Indonesia ialah sekitar 25 juta, yang artinya terdapat 2,5-5 juta pasangan infertil. Studi pendahuluan yang dilakukan di RSIA Gunung Sawo Semarang pada tanggal 4 Juni 2018 didapatkan hasil dari tahun awal 2016-30 Juli 2018 terdapat sepuluh (10) pasangan suami isteri yang memilih IVF sebagai upaya mendapatkan kehamilan bagi ibu. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplore pengalaman ibu post IVF dalam pencapaian peran ibu di Semarang.

Metode: Penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Cara pengambilan sampel purposive sampling. Analisis data menggunakan Collaizi.

Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan tema  pengalaman ibu post IVF didapatkan tiga tema yaitu harapan untuk mencapai kehamilan masih ada, IVF menjadi bagian terpenting dalam kehidupan, dan anak adalah bagian dari kehidupan.

Kesimpulan: Infertilitas merupakan salah satu masalah kesehatan reproduksi yang harus mendapatkan penanganan secara khusus. IVF merupakan solusi untuk menangani kasus infertilitas. Pencapaian peran ibu didasarkan pada upaya menjalani IVF, pengalaman selama  masa kehamilan, dan pemahaman mengenai anak.

 

Kata Kunci: Pengalaman Ibu Post IVF; Pencapaian Peran Ibu

Full Text:

Full Text

Article Metrics

Abstract viewed : 13 times
Full Text files downloaded : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.