PENGARUH BERMAIN MENGENAL WARNA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH TAHUN DI PAUD ANGGREK KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN

Meity Mulya Susanti, Rahmawati Rahmawati, Leny Widi Susanti

Abstract


Latar Belakang : Dunia anak adaah dunia bermain. Dengan bermain, anak akan memperoleh pelajaran yang mengandung aspek perkembangan kognitif, sosial, emosi dan perkembangan fisik. Usia dini adalah usia emas (golden age) bagi untuk anak pelajar, karena anak perkembangan dari aspek fisik, aspek kognitif, aspek sosial dan aspek emosional (Khaironi, 2018). Tujuan untuk mengetahui pengaruh bermain mengenal warna dengan perkembangan kognitif anak prasekolah usia 3-5 tahun di Paud Anggrek Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan.

Metode : Pra Eksperimen dengan Pendekatan One Group Pre Test dan Post Test Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Total sampling dan didapatkan 22 responden. Analisis datanya dengan bantuan Observasi dan uji Normalitas dengan Menggunakan Wilcoxon.

Hasil : Hasil Analisa Uji Wilcoxon dengan Bermain mengenal warna pre  dan post bermain mengenal warna menggunakan Wilcoxon. Diketahui Z (3,509) dan nilai pv (0,000) <? (0,05). Dari uji tersebut dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan bermain mengenal warna

Kesimpulan : Berdasarkan hasil uji Wilcoxon disimpulkan bahwa ada pengaruh bermain mengenal warna dengan perkembangan kognitif anak prasekolah usi 3-5 tahun di Paud Anggrek Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan.

 

Kata Kunci : Mengenal Warna, Perkembangan Kognitif


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v5i2.239

Article Metrics

Abstract viewed : 260 times
Full Text files downloaded : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.