KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE PADA ANAK SEKOLAH DASAR SEBELUM DAN SETELAH DIBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN

Dewi Novita, Heni Purwaningsih, Eko Susilo

Abstract


Latar belakang: Kesiapan dalam menghadapi menarche sangat diperlukan oleh remaja putri untuk mengurangi kebingungan, ketakutan dan kecemasan yang berlebihan. Hal tersebut dapat diatasi ketika mereka mempunyai pengetahuan tentang menstruasi yang baik yang dapat diperoleh melalui pendidikan kesehatan. Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kesiapan dalam menghadapi menarche sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan di SD Negeri 01 Genuk Kecamatan  Ungaran Barat Kabupaten Semarang.

Metode: Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimendengan rancangan penelitian one  group pre test and post test design. Populasi penelitian ini siswi SD Negeri 01 Genuk Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang dengan sampel 43 siswi dengan teknik total sampling. Analisis data menggunakan dependen t test.

Hasil : Sebelum diberikan pendidikan kesehatan 100% siswi tidak siap dalam menghadapi menarche dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar siswi dalam kategori siap (90,7%). Ada perbedaan yang bermakna kesiapan dalam menghadapi menarche sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan pada siswi di SD Negeri 01 Genuk Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang, dengan p value (0,000) < ? (0,05).

Saran : Perlunya peningkatan peran guru dan orang tua dalam pemberian informari tentang persiapan siswi dalam menghadapi menarche menarche

 

Kata Kunci    :  Kesiapan Siswi, Menarche,  Pendidikan Kesehatan

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v5i2.236

Article Metrics

Abstract viewed : 657 times
Full Text files downloaded : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.