EFEKTIFITAS AIR PERASAN JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIIFOLIA) TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL DI DESA BUGEL KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN

Gigih Kenanga Sari, Anita Lufianti, Ella Laela Musyarofah

Abstract


Latar belakang: Hiperkolesterolemia merupakan pemicu penyakit mematikan seperti jantung dan stroke. Di era globalisasi ini, banyak orang yang melupakan pentingnya pola hidup sehat sehingga tidak sedikit orang yang terkena hiperkolesterolemia. Obat kimia jika dikonsumsi jangka panjang akan mengakibatkan efek samping, sehingga perlu terapi nonfarmakologi untuk mengatasinya. Salah satu terapi nonfarmakologi untuk menurunkan kadar koleterol tinggi adalah dengan pemberian air perasan jeruk nipis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian air jeruk nipis di Desa Bugel Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain rancangan semu (Quasy Eksperimental) dan rancangan penelitian menggunakan Thereversed Non-Equivalent with Control Group pre-test and post-test Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampel Random sampling keseluruhan populasi menjadi sampel, dan didapatkan 15 responden.

Hasil: Hasil uji hipotesa dengan menggunakan uji wilcoxon pada pengaruh pemberian jeruk nipis 0,001 dari hasil tersebut air perasan jeruk nipis efektif menurunkan kadar kolesterol.

Simpulan: Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa jeruk nipis efektif dalam menurunkan kadar kolesterol pada pederita hiperkolesterolemia.

 

Kata kunci: Kolesterol, Citrus Aurantiifolia, Lansia

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v5i1.220

Article Metrics

Abstract viewed : 713 times
Full Text files downloaded : 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.