PENGARUH PEMBERIAN FEEDBACK YANG KONSTRUKTIF TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM PELATIHAN CARDIOPULMONARY RESPIRATORY

Sugiarto Sugiarto, Yesita Ragil Kusumaningrum, Saktya Yudha Ardhi Utama

Abstract


Latar belakang; pemberian  feedback  yang konstruktif merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan keterampilan dalam melakukan pelatihan cardiopulmonary respiratory sehingga instruktur diwajibkan untuk mengetahui bagaimana cara memberian feedback secara konstruktif. Tujuan penelitian; untuk mengetahui pengaruh pemberian feecback yang konstrutif terhadap peningkatan ketrampilan mahasiswa

Metode; Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test with the control group . Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 77 dengan 40 mahasiswa kelompok intervensi dan 37 kelompok kontrol. teknik penelitian ini menggunakan  purposive sampling, pada kelompok intervensi diberikan feedback yang konstruktif sedangkan pada kelompok kontrol diberikan masukan secara bersamaan atau konvensional.

Hasil; Berdasarkan hasil uji korelasi paired sampel t-tes  terlihat  adanya perbedaan yang signifikan pada kelompok intervensi yang diberikan feedback yang konstruktif dan kelompok kontrol yang diberikan masukan secara konvensional dengan nilai p-value ?0,05 saat melakukan pelatihan cardiopulmonary respiratory.

Kesimpulan; Dapat disimpulkan bahwa pemberian feedback secara konstruktif dapat meningkatkan keterampilan dalam melakukan pelatihan  cardiopulmonary respiratory.

 

Kata Kunci: Feedback Konstruktif, Keterampilan, Pelatihan dan Cardiopulmonary Respiratory.

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v5i1.217

Article Metrics

Abstract viewed : 290 times
Full Text files downloaded : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.