PENGARUH RENDAM KAKI DENGAN LARUTAN AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP GANGGUAN INSOMNIA PADA LANSIA DI KECAMATAN GROBOGAN KABUPATEN GROBOGAN

Kiki Natassia, Mingle A Pistanty

Abstract


Latar Belakang: Salah satu masalah pada lansia yang terjadi diseluruh dunia adalah insomnia. Kasus insomnia di Amerika Serikat berkisar 30% dan 60%. Kasus insomnia di Indonesia pada lansia cukup tinggi yaitu sekitar 67%. Penuaan dapat mengubah pola tidur seseorang. Pada usia sekitar 50 tahun, mulai terjadi penurunan gelombang tidur sehingga pada usia tua kuantitas tidur yang dalam pada seseorang akan berkurang. Obat analgesik yang terus-menerus dikonsumsi akan mengakibatkan efek samping, sehingga diperlukan penanganan non farmakologi. Sehingga salah satu penanganan non farmakologi yang digunakan adalah dengan menggunakan rendam kaki dengan larutan aromaterapi lavender.

Tujuan: untuk mengetahui pengaruh rendam kaki dengan larutan aromaterapi lavender terhadap gangguan insomnia pada lansia di Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan semu (Quasy Eksperimental) dan rancangan penelitian menggunakan pre post test design. Teknik non probably sampling yang digunakan adalah keseluruhan populasi menjadi sampel yaitu 24 responden.

Hasil: hasil uji hipotesa menggunakan uji paired T-test pada pengaruh tindakan rendam kaki dengan larutan aromaterapi lavender sebesar 0.000. dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rendam kaki dengan larutan aromaterapi lavender efektif terhadap gangguan insomnia pada lansia dengan nilai rata-rata penurunan rendam kaki dengan larutan aromaterapi lavender 16.58.

Kesimpulan: Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh rendam kaki dengan larutan aromaterapi lavender terhadap gangguan insomnia pada lansia di Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan.

 

Kata kunci : Rendam Kaki, Aromaterapi Lavender, Insomnia, Lansia

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v4i2.184

Article Metrics

Abstract viewed : 904 times
Full Text files downloaded : 378 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.