ANALISA PERBEDAAN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) DENGAN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) TERHADAPKADAR ASAM URAT DI DESA TEGUHAN KECAMATAN GROBOGAN KABUPATEN GROBOGAN

Biru Puspita, Kiki Natassia

Abstract


Latar belakang; Asam urat  merupakan suatu kondisi terjadinya penumpukan zat purin yang tidak dapat diproses dalam tubuh yang mengakibatkan nyeri sendi. Penyakit sendi di Indonesia masih cukup tinggi dengan 35% terjadi pada pria dibawah 40 tahun ( Riskesdas, 2013). Salah satu penatalaksanaan nyeri sendi adalah dengan obat analgesik. Mengkonsumsi obat analgesik yang terus-menerus akan mengakibatkan efek samping sehingga diperlukan terapi nonfarmakologi untuk mengatasinya. Salah satu terapi non farmakologi untuk mengatasi nyeri sendi dan menurunkan nilai asam urat darah adalah kopi robusta dan kopi arabika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemberian kopi robusta dan kopi arabika terhadap kadar asam urat pada warga di Desa Teguhan Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan.

Metode; desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan semu (Quasy Eksperimental)  dan rancangan penelitian menggunakan pre post test design. Tehnik sampling yang digunakan adalah keseluruhan populasi menjadi sampel, didapatkan 20 responden yang dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan

Hasil; hasil uji hipotesa menggunakan uji Paired Sample T-test pada pengaruh pemberian kopi robusta sebanyak 0,001 dan pada responden pemberian kopi arabika 0,0001 dari hasil tersebut keduanya sama-sama efektif sedangkan uji beda menggunakan Independent T-test didapatkan hasil hipotesa 0,001 yaitu p < 0,05 artinya ada perbedaan antara pemberian kopi robusta dan kopi arabika.

Simpulan; kopi arabika lebih efisien untuk menurunkan asam urat dibandingkan dengan kopi robusta. Dengan nilai rata-rata penurunan kopi arabika sebesar 2,37 mg/dl  atau rata – rata perbedaan sebesar 6.830 dan rata penurunan kopi robusta sebesar 1,23 mg/dl atau rata – rata perbedaan sebesar 5.780.

 

Kata Kunci; Asam Urat, Kopi Robusta, Kopi Arabika


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v3i2.128

Article Metrics

Abstract viewed : 627 times
Full Text files downloaded : 278 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.