HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN

Ratih Dwi Rahmawati, Sugihartiningsih Sugihartiningsih

Abstract


Latar belakang; Masa balita merupakan masa emas dimana harus diperhatikan serius pada masa ini merupakan pertumbuhan dasar yang akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya, Pada kelompok usia ini merupakan kelompok rawan terhadap masalah gizi. Hasil riset kesehatan dasar tahun 2015, sebanyak 12,4% anak di Jawa Tengah mengalami gizi kurang. Tujuan: mengetahui hubungan antara status gizidenganperkembanganmotorickasarpadaanakusia 1-3 tahun di Posyandu Lestari Sumberagung Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri.

Metode: penelitian ini dengan menggunakan metode obsevasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian berjumlah 28 balita anggota posyandu Lestari yang diambil dengan cara purposive sampling didasarkan pada suatu pertimbangan tertentu yang dibuat oleh peneliti sendiri berdasarkan kriterian inklusi. Uji yang digunakan adalah Spearman Rank.

Hasil:  ada hubungan yang signifikan antara hubungan status gizi dengan perkembangan motorik kasar pada anak usia 1-3 tahun di Posyandu Lestari Sumberagung Kecamatan Batuwarno dengan nilai Ï-value sebesar <0,05 (0,000<0,05).

Kesimpulan: terdapat hubungan antara status gizi dengan perkembangan motoric kasar pada anak usia 1-3 tahun di Posyandu Lestari Sumberagung Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri.

 

Kata Kunci: Status Gizi, Perkembangan Motorik Kasar, Anak Usia 1-3 tahun.

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscs1kep.v3i2.124

Article Metrics

Abstract viewed : 288 times
Full Text files downloaded : 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.