PENGARUH PERAWATAN LUKA DI RUMAH TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN ULKUS DIABETES MELITUS DI WILAYAH PUSKESMAS TOROH I

Dwi Tristiningdyah

Abstract


Latar belakang; Penyakit diabetes melitus hampir semua disertai dengan ulkus sebabnya kerusakan saraf pada kulit lebih sering mengalami cedera sehingga menyebabkan ulkus (borok). Pasien dengan disertai ulkus akan timbul gejala psikologis yaitu kecemasan. Perawatan di rumah merupakan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif yang diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh perawatan luka di rumah terhadap kecemasan pada pasien ulkus diabetes melitus.

Metode; penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan 15 responden dengan kriteria yang telah ditentukan diberikan perlakuan perawatan luka dan menilai jumlah kecemasan sebelum dan setelah tindakan. Uji statistik yang digunakan adalah paired t test dengan t hitung (9.025) > t tabel (1.761) dan apabila dilihat dari nilai p= 0,000 < 0,05. Jadi hipotesis nol ditolak yaitu perawatan luka di rumah berpengaruh terhadap penurunan kecemasan pada pasien ulkus diabetes melitus di wilayah Puskesmas Toroh I.

Hasil; penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan bagi pelayanan kesehatan untuk dijadikan bahan pertimbangan pada semua pasien ulkus diabetes melitus dengan kecemasan, apabila untuk mengurangi kecemasan perawat dapat melakukan perawatan luka di rumah untuk mengurangi kecemasan pasien.

Kesimpulan; perawatan luka di rumah berpengaruh terhadap penurunan kecemasan pada pasien ulkus diabetes melitus di wilayah Puskesmas Toroh I.

 

Kata Kunci: Pengaruh Perawatan Luka, Kecemasan, Ulkus Diabetes Mellitus


Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v1i1.99

Article Metrics

Abstract viewed : 368 times
Full Text files downloaded : 374 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.