HUBUNGAN UMUR, PARITAS DAN JARAK KELAHIRAN TERHADAP STATUS GIZI PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS WILAYAH KOTA YOGYAKARTA

Casnuri Casnuri, Zahrah Zakiyah

Abstract


Latar belakang : Prevalensi risiko KEK di Indonesia cukup tinggi, hal ini terlihat dari hasil Riskesdas (2013) yang menempatkan prevalensi risiko KEK Wanita Usia Subur (WUS) mencapai 20.8%, sedangkan prevalensi risiko KEK pada ibu hamil mencapai 24.4%. KEK sebagai tanda status gizi buruk apabila terjadi pada ibu hamil dapat memunculkan komplikasi dalam kehamilannya. Bagi ibu hamil dapat menyebabkan anemia, abortus, persalinan prematur, dan perdarahan. Bagi janin dapat menyebabkan kegagalan pertumbuhan, BBLR, lahir prematur, cacat bawaan dan kematian, selain itu dapat meningkatkan risiko komplikasi pada persalinan, misalkan persalinan lama, inersia uteri, dan persalinan dengan tindakan seksio sesaria. Pada masa laktasi dapat mempengaruhi produksi Air Susu Ibu (ASI) (Purwitasari dan Maryanti, 2009). Tujuan: Mengetahui hubungan umur, paritas dan jarak kelahiran terhadap status gizi pada ibu hamil di Puskesmas Wilayah Kota Yogyakarta.

Metode: Penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional dilaksanakan pada bulan Juni-Oktober 2017 di Puskemas Wilayah Kota Yogyakarta dengan teknik sampling total sampling. Analisis data menggunakan software computer dengan uji statistik univariate, dan bivariate.

Hasil: Sebagian besar ibu hamil trimester 1 di wi1ayah Puskesmas Kota Yogyakarta berstatus gizi normal 126 ibu hamil (47.2%). Faktor usia dan paritas terdapat hubungan terhadap status gizi ibu hamil dengan masing-masing Ï-value 0,044 dan 0,019, sedangkan untuk faktor jarak kelahiran diketahui tidak terdapat hubungan terhadap status gizi ibu hamil dengan Ï-value 0.247.

Kesimpulan : Faktor usia dan paritas terdapat hubungan terhadap status gizi pada ibu hamil di Puskesmas Wilayah Kota Yogyakarta.

 

Kata Kunci: Kehamilan, Status Gizi, KEK

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v2i2.97

Article Metrics

Abstract viewed : 343 times
Full Text files downloaded : 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.