HUBUNGAN ANTARA JENIS KELAMIN, DUKUNGAN KELUARGA, DAN PERSEPSI TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA ANGKATAN 2019 UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN NERS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GORONTALO

Sabirin B. Syukur, Susanti Monoarfa, Cicinda Putri Hamzah

Abstract


Latar Belakang: Perlu diketahui bahwa dilanjutkannya pendidikan keperawatan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah motivasi sedangkan motivasi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu jenis kelamin, dukungan keluarga dan persepsi. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan antara jenis kelamin, dukungan keluarga dan persepsi terhadap motivasi mahasiswa angkatan 19 untuk melanjutkan pendidikan ners.

Metode: Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi semua mahasiswa S1 keperawatan angkatan 19 berjumlah 116, pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 90 orang mahasiswa.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pada variabel jenis kelamin nilai pValue = 0.002 < 0.05, pada variabel dukungan keluarga nilai pValue = 0.000 < 0.05, pada variabel persepsi dengan nilai pValue = 0.0000 < 0.05.

Kesimpulan: Kesimpulan terdapat hubungan antara jenis kelamin, dukungan keluarga dan persepsi terhadap motivasi mahasiswa angkatan 19 untuk melanjutkan pendidikan ners Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Saran diharapkan menjadi masukan untuk pihak kampus serta keluarga mahasiswa agar tetap memperhatikan dan memberi dukungan pada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir dan juga mahasiswa mampu melanjutkan pendidikan ners Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

 

Kata Kunci: Jenis Kelamin, Dukungan Keluarga, Motivasi Mahasiswa, Pendidikan Ners dan Persepsi.

Full Text:

PDF

References


Adelina. (2022). Hubungan Minat Dan Persepsi Dengan Motivasi Melanjutkan S1 Keperawatan Pada Mahasiswa D3 Keperawatan. JOM FKp, Vol. 9 No. 1.

Aisyiyah. (2018). Hubungan Persepsi dan Sikap terhadap Layanan Akademik dengan Motivasi Belajar. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 337-346.

Bastabe. (2012). Buku ajar manajemen keperawatan. Jakarta: EGC.

B.Uno Hamzah. (2021).Teori Motivasi dan Pengukurannya (analisis dibidang pendidikan). Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Ceng Muhidin Ardi. (2019). Gambaran Motivasi Perawat dalam Melanjutkan Pendidikan Keperawatan di RS. Sariningsih, Kota Bandung. Universitas Bhakti Kencana Bandung. Skripsi.

Dewa Ayu. (2019). Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Keperawatan dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Profesi Ners di PSIK Universitas Jember. Universitas Jember. Skripsi

Fatmawati. (2012). Faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Perawat Untuk Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang S1 Keperawatan di Ruang IRNA RSUD Syekh Yusuf Gowa UIN AlauiddinMakassar. Skripsi.

Handajani. (2022). bungan penghargaan intrinsik terhadap motivasi kerja. Jurnal: Universitas Kristen Satya Wacana.

Kemenkes RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia 2021. Jakarta

Malini dan Fridari. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Persepsi Siswa dalam Berprestasi. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 13(1), 21-34.

Musta’an. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Pt Rajagrafindo Persada.

Nasution dan Purba. (2017). Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa eperawatan. Jurnal Keperawatan Diponegoro, 1(1), 149-156.

Nugraha. (2015). Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Cerdas Sifa Cerdas Sifa, Edisi 1 No.1.

Nurhindazah dan Kustanti. (2016). Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Prodi S1 Kebidanan dalam Pembelajaran Daring. Indonesian Journal of Midwifery Today 022, Vol. 2 (1).

Paujiyah. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Program S1 Keperawatan Di Stikes Yatsi Tangerang. Nusantara Hasana Journal Volume 1 No. 9.

Perceka. (2020). Hubungan Motivasi Dan Dukungan Keluarga Dengan Keinginan Mahasiswa S1 Keperawatan Semester 8 Untuk Meneruskan Program Profesi Ners. JIPP, Volume 4 Nomor 1.

Putri Widi. (2022). Gambaran Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Perawat dalam Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang S1 Keperawatan di RS. Ibnu Sina, Padang Panjang . Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Skripsi.

Rhona Sandra. (2018). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan Ners di STIKES Syedza Saintika Padang. STIKES Syedza Saintika Padang. 1-2

Riyanto Agus. (2017). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta. Mulia Medika.

Sahril. (2018). Hubungan Persepsi Orangtua tentang Kelompok Bermain terhadap Motivasi untuk Menyekolahkan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 148-152.

Sari. (2017). Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Keperawatan dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Profesi Ners di PSIK Universitas Jember. e-Jurnal Pustaka Kesehatan, Vol.5 (No.3).

Saragih. (2017). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Berjenis Kelamin Perempuan Dan Laki-Laki Smk Swasta Bandung. Bimbingan Konseling.

Soeprodjo. (2017). Hubungan Antara Jenis Kelamin Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal kesmas. ISSN, (Online).

Sousa. (2016). How The Brain Learn. Amerika: Corwin Publisher.

Sujono. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja Yang Orang Tuanya Bercerai. Jurnal Mitra Pendidikan.

Suryani. (2017). Hubungan Pendidikan, Motivasi Kerja, Supervisi Kepala Ruangan dengan Kinerja Perawat. Jurnal Wacana Kesehatan, 1(2).

Sya’ban. (2015). Hubungan Persepsi Mahasiswa yang Mengikuti CSSA tentang Praktik Klinis dengan Motivasi untuk Melanjutkan Pendidikan Ners di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjajaran. Student e-Journals, 1(1), 28.

Wahyu Rizki. (2018). Hubungan Jumlah Tenaga Perawat dengan Beban Kerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Kela III RSUD Wates. UniversitasAlma Ata. 1-2.

Wafak, M.A. (2010). Hubungan dukungan Keluarga dengan Motivasi Mahasiswa Semester Akhir untuk Melanjutkan Program NERS di Uniersitas Muhammadiyah Semarang.

Jamaludin, M. (2013). Faktor-faktro yang Berhubungan dengan minat Mahasiswa Program NERS di Stikes Nani Hasanudin Makasar.

Siswanto, F. Erwin & Woferst R. (2014). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Mahasiswa Untuk Melanjutkan profersiners.

Silaban, R Y., Bidjuni, H dan Hamel, R. (2016). Hubungan motivasi mahasiswa program sarjana keperawatan dengan minat melanjutkan studi profersi ners di program studi Ilmu Keperawatan Universitas Samratulangi Manado.




DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v10i02.876

Article Metrics

Abstract viewed : 16 times
PDF files downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot online slot gacor slot