PENGALAMAN PASIEN DM TIPE 2 DALAM MELAKUKAN PERAWATAN ULKUS DIABETIK SECARA MANDIRI

Muhammad Hasan Basri

Abstract


Latar belakang : Berdasarkan laporan dari WHO, angka kejadian penyakit diabetes mellitus di dunia semakin meningkat setiap tahunnya, pada tahun 2000 menunjukkan ada 171 juta orang penyandang diabetes dan diproyeksikan akan meningkat menjadi 366 juta pada tahun 2030 (WHO, 2006). Sedangkan Indonesia peringkat 7 dunia prevalensi diabetes tertinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang arti dan makna pengalaman pasien Diabetes Melitus tipe 2 dalam melakukan perawatan secara mandiri di rumah.

Metodologi: penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi, sampel tiga partisipan.

Hasil: analisa data teridentifikasi tiga tema yaitu perawatan ulkus Diabetik, harapan terhadap pelayanan dan perubahan aktivitas. Hasil penelitian partisipan belum patuh dalam pengaturan diet, kontrol kesehatan, terapi dan olah raga.

Kesimpulan: penyandang diabetes telah memahami perawatan ulkus diabetic namum masih kurang patuhnya diabetesi dalam pengaturan diet, olah raga  dan terapi. Saran diperlukan peningkatan pelayanan yang lebih baik terutama dalam hal pendidikan kesehatan dan akses informasi, membuat leaflet yang diberikan pada pasien dan keluarga saat berobat dan pendidikan kesehatan yang berkelanjutan sampai ke lingkungan masyarakat.

 

Kata Kunci    : DM, Pengobatan Ulkus diabetik

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v3i1.70

Article Metrics

Abstract viewed : 218 times
Full Text files downloaded : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.