ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA TN. M DENGAN FOKUS INTERVENSI TERAPI RENDAM KAKI DENGAN AIR JAHE HANGAT PADA PASIEN GOUT ARHRITIS DI DESA GENDINGAN KECAMATAN TOROH 1 KABUPATEN GROBOGAN

ida fatmasari, Wahyu Riniasih

Abstract


Latar Belakang: Beirdasarkan Susantoi dalam ( Marlina, 2022 ) Goiut Arthritis adalah peinyakit seindi yang diakibatkan oileih tingginya kadar asam urat dalam darah. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah meileibihi batas noirmal yang meinyeibabkan peinumpukan kadar asam urat di dalam peirseindian dan oirgan lainnya.Data dari (Riskeisdas, 2018) preivaleinsi peinyakit nyeiri seindi di Indoineisia meincapai 34,4 juta oirang deingan peirbandingan peinyakit seibeisar 15,5% pada pria dan 12,7% pada wanita. Preivaleinsi peinyakit Goiut Arthritis di Indoineisia teirjadi pada usia di bawah 34 tahun seibeisar 32% dan di atas 34 tahun seibeisar 68%.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan Asuhan Keperawatan Keluarga pada Ny.P dengan fokus intervensi terapi rendam kaki dengan air jahe hangat pada pasien gout arhritis di Desa Gendingan Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan 

Metodologi: Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam karya tulis ini yaitu kuantitatif  research. Subjek penelitian ini yaitu keluarga Tn.M khususnya Ny. P yang mengalami gout arhtritis. Instrumen pengkajian menggunakan format pengkajian keluarga yang dilakukan dengan metode pengumpulan data mulai pengkajian, penentuan diagnosis keperawatan, prioritas masalah berdasarkan scoring, rencana keperawatan, tindakan dan evaluasi pada pasien dengan nyeri gout arhtritis.

Hasil: Adanya penurunan skala nyeri setelah diberikan terapi rendam kaki dengan air jahe hangat selama satu minggu dua kali, yaitu semula nyerinya 6 turun menjadi 2

Kesimpulan: Terapi rendam kaki dengan air jahe hangat terbukti efektif untuk menurunkan skala nyeri pada Gout Arhtritis

Kata Kunci: Gout Arhtritis, Nyeri Akut, Terapi rendam kaki dengan air jahe hangat


Full Text:

PDF

References


Cahyaningsih, E., Dewi, N. L. K. A. A., Udayani, N. N. W., Dwipayanti, N. K. S., & Megawati, F. (2022). EFEKTIVITAS PENGOBATAN TANAMAN HERBAL DAN TERAPI TRADISIONAL UNTUK PENYAKIT TULANG DAN PERSENDIAN. Usadha, 2(1), 51-64.

Husnaniyah, D. (2019). Gambaran Pengetahuan Lansia tentang Diet Asam Urat di Wilayah Kerja Puskesmas Kertasemaya Tahun 2018. Surya: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Kesehatan, 11(02), 24-28.

MARLINA, Y. (2022). ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DENGAN GANGGUAN AMAN NYAMAN PADA KASUS GOUT ARTHRITIS TERHADAP Tn. S DI DESA BANDAR PUTIH WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTABUMI II KABUPATEN LAMPUNG UTARA TANGGAL 21-23 FEBRUARI 2022 (Doctoral dissertation, Poltekkes Tanjungkarang).

Notoadmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

PPNI (2016). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia:Definisi dan Indikator Diagnostik, Edisi 1. Jakarta:DPP PPNI

PPNI (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia:Definisi dan Kriteria Hasil Keperawatan, Edisi 1. Jakarta:DPP PPNI

PPNI (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia:Definisi dan Tindakan Keperawatan, Edisi 1. Jakarta:DPP PPNI

Priyanto, A. (2022). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN POLA MAKAN DENGAN PENYAKIT GOUT ARTRITIS PADA LANSIA (Doctoral dissertation, Universitas dr. SOEBANDI).

Siregar, P. N. B., Pedha, K. I. T., Resmanto, K. F. W., Chandra, N., Maharani, V. N., & Riswanto, F. D. O. (2022). Kandungan Kimia Jahe Merah (Zingiber officinale var. Rubrum) dan Pembuktian In Silico sebagai Inhibitor SARS-CoV-2. Jurnal Pharmascience, 9(2), 185-200.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Utami, D. S., & Peni, T. (2022). Asuhan Keperawatan Dengan Masalah Nyeri Akut Pada Klien Gastritis DI RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto (Doctoral dissertation, Perpustakaan Universitas Bina Sehat).




DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v9i01.488

Article Metrics

Abstract viewed : 23 times
PDF files downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.