ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA Sdr. B DENGAN FOKUS INTERVENSI PEMBERIAN ASSERTIVINESS TRAINING UNTUK MENGONTROL MARAH PADA PASIEN RESIKO PERILAKU KEKERASAN DI RSJD dr. ARIF ZAINUDIN SURAKARTA

Ni Kadek Dwi Widnyani Putri, rahma wati

Abstract


Latar Belakang Berdasarkan laporan kementrian kesehatan RI 2020, terdapat 450 juta pasien dengan skizofrenia 6 / 10 orang tidak mendapatkan pengobatan yang layak. Di RSJD dr. Arif  Zainudin Surakarta terdapat pasien dengan resiko perilaku kekerasan  pada tahun 2023 sebanyak  1.610 jiwa. Penelitan pada pasien gangguan jiwa bertujuan untuk mengurangi perilaku kekerasan adalah dengan terapi psikofarmaka, terapi aktivitas kelompok, dan asuhan keperawatan dengan strategi pelaksanaan yang terdiri dari latihan  fisik, (memukul bantal dan tarik nafas dalam), meminum obat, verbal,dan spritual.

Metode : Jenis  penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriftif dengan bentuk studi kasus dengan fokus intervensi  keperawatan  mengontrol marah dengan latihan asertif pada pasien dengan masalah resiko perilaku kekerasan, adapun tempat penelitian dilakukan di RSJD dr. Arif Zainudin Surakrta. 

Hasil : Hasil penelitian dengan menggunakan strategi pelaksanaan dengan latihan asertif, didapatkan pasien sudah mampu mengatasi perilaku kekerasan yang dialaminya, perasaan lebih tenang dan tidak cemas.

Kesimpulan : diharapkan cara mengontrol marah dengan latihan asertif ini bisa membantu masalah yang dialami klien dan dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya. 


Full Text:

PDF

References


Firmawati, and Nur Uyyun Biahimo. 2019. “Hubungan Assertiveness Training Terhadap Perilaku Kekerasan Di Rumah Sakit Jiwa Prof.Dr.V.L Ratumbuysang Manado Provinsi Sulawesi Utara.” Jurnal Ilmu Kesehatan 5(1):1–7.

Martini, Sri, Sri Endriyani, and Ayu Febriani. 2021. “Manajemen Pengendalian Marah Melalui Latihan Asertif Klien Skizofrenia Dengan Masalah Perilaku Kekerasan.” Jurnal Keperawatan Merdeka 1(2):302–8.

Firmawati, and Nur Uyyun Biahimo. 2019. “Hubungan Assertiveness Training Terhadap Perilaku Kekerasan Di Rumah Sakit Jiwa Prof.Dr.V.L Ratumbuysang Manado Provinsi Sulawesi Utara.” Jurnal Ilmu Kesehatan 5(1):1–7.

Martini, Sri, Sri Endriyani, and Ayu Febriani. 2021. “Manajemen Pengendalian Marah Melalui Latihan Asertif Klien Skizofrenia Dengan Masalah Perilaku Kekerasan.” Jurnal Keperawatan Merdeka 1(2):302–8.

Afnuhazi, R. (2019). Komunikasi Teraupetik Dalam Keperawatan Jiwa.Yogyakarta : Gosyen Publising.

Christiani, dkk. (2022). Keamanan Obat Anti Psikotik Penderita Skizofrenia Di Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas Tahun 2022. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Damaiyanti, Mukripah. (2021). Asuhan Keperawatan Jiwa. Samarinda : Refka Aditama

Gowi. (2021). Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Perilaku Kekerasan Orang Tua Pada Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Tanjungpura Kabupaten Karwang. Karawang: Universitas Indonesia

Irvanto. (2019). Pengaruh Aktivitas Kelompok Asertif Terhadap Perubahan Perilaku Pada Pasien Perilaku Kekerasan. Semarang: Stikes Tlogorejo Semarang.

ISO. (2019). Informasi Spesialite Obat. Jakarta Barat: Penerbit Buku PT ISFI. Keliat, B. A, Wiyono, A. P, Susanti, H. (2019). Model Praktik Keperawatan

Profesional Jiwa. Jakarta : EGC.

Keliat, B. A, Wiyono, A. P, Susanti, H. (2011). Managemen Kasus Gangguan Jiwa: CMHN (Basic Course).Jakarta : EGC

Keliat, B. A, Wiyono, A. P, Susanti, H. (2019). Managemen Kasus Gangguan Jiwa: CMHN (Intermediate Course). Jakarta : EGC.

Khusairi, Muhammad. (2020). Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Perilaku Asertif Anak Usia Sekolah Dasar Korban Bullying Di Sd N 1 Ringinanom 1 Kabupaten Magelang. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Kustandi dan Widodo. (2020). Pengaruh Teknik relaksasi terhadap perubahan status mental klien skizofrenia di RSJD Amino Gondohutomo, ilmiah-keperawatan, diperoleh 09 juli 2020

Kusumawati, Farida dan Yudi Hartono. (2020). Buku Ajar Keperawatan Jiwa.

Jakarta : Salemba Medika.

Mirza, Raihan & Hendra, K. (2020). Hubungan Lamanya Perawatan Pasien Skizofrenia dengan Stres Keluarga. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 15(3), 179–189.

NANDA Internasional. (2020). Diagnose Keperawatan Definisi & Klasifikasi 2015-2017 (Edisi 10). Jakarta : EGC.

Nuraenah. (2020). Hubungan Dukungan Keluarga dan Beban Keluarga dalam Merawat Anggota dengan Riwayat Perilaku Kekerasan di RS. Jiwa Islam Klender Jakarta Timur, 29-37.

Purba, dkk. (2020). Asuhan Keperawatan Pada Klien dengan Masalah Psikososial dan Gangguan Jiwa. Medan: USSU Press.

Rahman, fathul. (2020). Upaya Penurunan Resiko Perilaku Kekerasan Dengan Melatih Asertif Secara Verbal. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rekam Medik. (2020). Laporan Kegiatan Bulanan Instalasi Rawat Inap.

Surakarta.

Riset Kesehatan Dasar. (2020). Pedoman Pewawancara Petugas Pengumpul Data. Jakarta: Badan Litbangkes, Depkes RI, 2020

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2021). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia.

Jakarta: DPP PPNI.

Stuart, G Wail. (2021). Buku Saku Keperawatan jiwa: Penerbit Buku : EGC.

Sari,K. (2020). Panduan Lengkap Praktik Klinik Keperawatan Jiwa: Jakarta: Trans Info Media.

W, Yuhanda, dkk. (2019). Efektifitas Terapi Relaksasi Napas Dalam dan Tertawa Dalam Mengontrol Perilaku Kekerasan Pada Pasien Perilaku Kekerasan di RSJD. Dr. Amino GondoHutomo Semarang. Semarang: Stikes Tlogorejo Semarang.

Widiastuti. (2021). Komunikasi Teraupetik dan Praktik. Jakarta: EGC.

Yosep, Iyus. (2021). Keperawatan Jiwa. Penerbit Buku : PT Refika Aditama.

Bandung.




DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v9i01.482

Article Metrics

Abstract viewed : 25 times
PDF files downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.