PENGARUH MANAJEMEN AKTIF TERHADAP PERSALINAN KALA TIGA DAN KALA EMPAT DI RUANG BERSALIN RSUD dr. R. SOEDJATI PURWODADI

Christina Nur Widayati, Juwita Rini Eka Utami

Abstract


Latar Belakang : Paradigma baru upaya pencegahan perdarahan pada persalinan adalah manajemen aktif kala tiga dengan tujuan menghasilkan kontraksi uterus yang lebih efektif sehinga dapat mempersingkat waktu, mencegah perdarahan dan mengurangi kehilangan darah pada kala tiga persalinan dibandingkan dengan penatalaksanaan fisiologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh manajemen aktif kala tiga terhadap persalinan kala tiga dan empat serta mengetahui faktor terkuat dari prinsip manajemen aktif kala tiga tersebut.  

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan menggunakan design cross sectional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin fisiologis yang ada di Ruang Bersalin RSUD dr. R. Soedjati, sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh yang diperoleh 40 responden dalam kurun waktu bulan Desember sampai Januari minggu ke 2..

Hasil : penelitian ini yaitu ada pengaruh setiap variabel dalam manajemen aktif terhadap persalinan kala tiga dan empat. Analisa multivariat dengan menggunakan regresi logistik untuk mengetahui faktor yang paling dominan, diperoleh hasil faktor yang mempengaruhi persalinan kala tiga dan kala empat berurutan berdasarkan nilai B yang terbesar yaitu massase (pemijatan) uterus  =  - 2,8, penegangan tali pusat terkendali  = -3,11 dan suntikan oksitosin = -3, 16. Dari hasil penelitian ini, diharapkan bidan dapat melaksanakan melaksanakan manajemen aktif kala tiga dengan tepat sehingga dapat mengurangi resiko komplikasi dan kematian pada ibu bersalin. Untuk mengoptimalkan hasil penelitian ini disarankan perlu adanya ketaatan, komitmen dan konsistensi dalam melaksanakan manajemen aktif kala tiga dan pemantuan kala empat.

 

Kata kunci     : Ibu Bersalin, Manajemen Aktif Kala Tiga, Persalinan Kala Tiga, Kala Empat

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v1i1.45

Article Metrics

Abstract viewed : 489 times
Full Text files downloaded : 401 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.