HUBUNGAN DISABILITAS ANAK DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DANYANG PURWODADI DENGAN PENERIMAAN DIRI ORANG TUA

Suryani Suryani, Wahyu Riniasih

Abstract


Latar Belakang; Disabilitas adalah orang yang hidup dengan karakteristik khusus dan memiliki perbedaan dengan orang pada umumnya. Karena karakteristik yang berbeda inilah memerlukan pelayanan khusus agar dia mendapatkan hak-haknya sebagai manusia yang hidup dimuka bumi ini. Penerimaan diri orangtua mempengaruhi pada disabilitas anak di Sekolah Luar Biasa (C) Danyang Purwodadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan disabilitas anak di Sekolah Luar Biasa (C) danyang Purwodadi dengan penerimaan diri orangtua.

Metode; Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriftif Korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, dan didapatkan 54 responden.

Hasil; Berdasarkan analisis menggunakan SPSS 16.0 dengan uji Chi-Square diperoleh nilai Ï= 0,017 jadi korelasi kedua variabel signifikan karena besarnya nilai Ï (Ï-value) lebih kecil dibandingkan dengan besarnya α = 0,05. Berarti secara statistik terdapat hubungan yang bermakna antara kedua variabel.

Kesimpulan; Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan disabilitas anak dengan penerimaan diri orangtua.

 

Kata  Kunci: Disabilitas anak, Sekolah Luar Biasa (SLB), Penerimaan diri

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v1i1.39

Article Metrics

Abstract viewed : 202 times
Full Text files downloaded : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.