PENGARUH MENGKONSUMSI MAKANAN KARIOGENIK TERHADAP KARIES GIGI PADA ANAK SEKOLAH DASAR 2 PLOSOREJO KECAMATAN TAWANGHARJO

Ida Pusvitasari

Abstract


Latar Belakang; Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu upaya meningkatkan kesehatan. Oleh karena itu kesehatan gigi dan mulut sangat berperan dalam menunjang kesehatan seseorang. Menurut World Health Organization (WHO) 2012 pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu upaya meningkatkan kesehatan karena hal tersebut dapat mencegah terjadinya penyaki-penyakit rongga mulut. Pada tahun 2012 bahwa 90% dari anak-anak usia sekolah di seluruh dunia dan sebagian besar orang dewasa pernah menderita karies. Menurut penelitian di negara-negara Eropa, Amerika dan Asia termasuk Indonesia ternyata 80-90% dari anak-anak dibawah umur 12 tahun kurang memperhatikan kesehatan gigi dan karies gigi merupakan masalah oral yang utama pada anak-anak dan remaja (WHO, 2012). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mengkonsumsi makanan kariogenik terhadap karies gigi pada anak Sekolah Dasar Negeri 2 Plosorejo, Kecamatan Tawangharjo.

Metode; Penelitian ini merupakan penelitian studi kuantitativ dengan menggunakan pendekatan case control, populasi dalam penelitian ini adalah non probability sampling dan diperoleh sampel sebanyak 60 orang. Uji hipotesis menggunakan Chi- Square menggunakan SPSS versi 16.

Hasil; Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh mengkonsumsi makanan kariogenik terhadap karies gigi. Dari analisa menggunakan Chi- Square diperoleh hasil p < 0,05 (0,00 < 0,05).

Simpulan; Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh mengkonsumsi makanan kariogenik terhadap karies gigi di Sekolah Dasar Negeri 2 Plosorejo.

 

Kata Kunci: Makanan Kariogenik, Karies Gigi

Full Text:

Full Text


DOI: https://doi.org/10.35720/tscd3kep.v2i1.355

Article Metrics

Abstract viewed : 94 times
Full Text files downloaded : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.